Rabu 14 Dec 2022 09:50 WIB

Penggemar Argentina di Buenos Aires Turun ke Jalan, Menari, Berpesta, Berbagi Kegembiraan

Setelah inflasi yang memengaruhi ekonomi, warga Argentina berharap pada timnasnya.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
 Penggemar sepak bola Argentina merayakan kemenangan tim nasionalnya atas Kroasia dalam pertandingan semifinal Piala Dunia 2022, di Obelisk, di pusat kota Buenos Aires, Argentina, Rabu (14/12) dini hari WIB.
Foto: AP/Victor R. Caivano
Penggemar sepak bola Argentina merayakan kemenangan tim nasionalnya atas Kroasia dalam pertandingan semifinal Piala Dunia 2022, di Obelisk, di pusat kota Buenos Aires, Argentina, Rabu (14/12) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Jalanan di Argentina berubah menjadi panggung orang-orang berpesta. Ini setelah negara tersebut lolos ke final Piala Dunia 2022 Qatar.

La Albiceleste menang 3-0 atas Kroasia pada babak empat besar di Stadion Lusail, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB. Para penggemar memenuhi jalan-jalan di Buenos Aires, setelah pertandingan berakhir.

Baca Juga

Dari mobil, mereka melambaikan bendera Argentina. Ada yang melompat, bernyanyi, menunjukkan ekspresi kegembiraan di tengah lautan manusia. Semua mengenakan kostum tim nasional.

"Saya benar-benar dalam kegembiraan luar biasa," kata Emiliano Adam dikutip dari Miamiherald.com.

Pria 31 tahun itu mengenakan bendera negaranya sebagai jubah. Ia turun ke jalan, berbaur dengan penggemar lainnya. Menurutnya, ini pertama kalinya ia sangat menikmati La Albiceleste bermain dari awal hingga akhir.

Sebelumnya, Argentina sempat mendapat pukulan telak. Pada awal turnamen ini bergulir, skuad polesan Lionel Scaloni ditaklukkan Arab Saudi. Fakta demikian membuat wakil Amerika Selatan itu berada dalam situasi sulit.

Berjalannya waktu, Argentina bangkit. Albiceleste mengalahkan Meksiko, Polandia, Belanda, dan teranyar Kroasia. Jelas, berbagai hasil demikian, sangat dibutuhkan orang-orang di negara tersebut. Terutama setelah inflasi yang memengaruhi ekonomi masyarakatnya.

"Kami semua sangat bersemangat. Sudah lama sekali, kami tidak merasakan kebahagiaan seperti ini," ujar Laila Desmery.

Aktris berusia 27 tahun itu menunjuk aksi orang-orang yang menari dan berpesta di jalan. "Sungguh tidak dapat dijelaskan, bagaimana kegembiraan yang akan kami alami dalam beberapa hari ke depan," ujar Laila menambahkan.

Sejumlah kafe di Buenos Aires dipenuhi pengunjung. Semua berbagi energi positif. Beberapa melompat dari kursi, berpelukan, dan meneriakkan nama Lionel Messi.

Rupanya, ekspresi serupa terlihat di belahan dunia lain. Selain di Lusail dan Buenos Aires, penggemar Argentina juga berpesta di Spanyol. Menurut Football Espana, ratusan orang memadati Arco del Triunfo di Barcelona merayakan kesuksesan La Albiceleste mengalahkan Kroasia. Pengaruh Messi juga turut andil dalam meningkatkan dukungan untuk timnas Argentina di Spanyol.

Anak asuh Scaloni akan menghadapi pemenang antara Prancis melawan Maroko. Final nanti bakal berlangsung di Stadion Lusail, akhir pekan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement