Rabu 14 Dec 2022 04:06 WIB

Messi Gemilang, Argentina Lolos ke Final Piala Dunia 2022

Argentina akan melawan pemenang antara Prancis vs Maroko di final.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Yudha Manggala P Putra
Messi, Alvarez, dan rekan setim merayakan gol Argentina ke gawang Kroasia, Rabu 14 Desember 2022, dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Friedemann Vogel
Messi, Alvarez, dan rekan setim merayakan gol Argentina ke gawang Kroasia, Rabu 14 Desember 2022, dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Argentina lolos ke final Piala Dunia Qatar 2022 setelah mengalahkan Kroasia 3-0 pada babak semifinal, di Stadion Lusail, Doha, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB. Lionel Messi dan Julian Alvarez yang tampil gemilang menjadi pahlawan kemenangan Argentina.

Lolosnya Albiceleste menjadi kesempatan Lionel Messi menebus kegagalan mengangkat trofi ini pada final 2014 sekaligus akan menyempurnakan trofi bergengsi yang pernah di raih oleh La Pulg. Argentina akan melawan pemenang antara Prancis menghadapi Maroko.

Baca Juga

Tempo permainan berlangsung lambat pada 10 menit pertama. Kedua tim berhati-hati untuk menusuk ke pertahanan lawan. Alhasil tak ada ancaman berarti dalam rentan waktu tersebut.

Kroasia yang dimotori oleh Luka Modric di lini tengah menguasai penguasaan bola dalam 20 menit pertama. Namun rapatnya pertahanan Argentina membuat mereka kesulitan menemukan ruang tembak. Sementara Argentina bermain lebih menunggu.

Pada menit ke-23 para pemain Argentina berhasil menusuk ke pertahanan Kroasia. Messi yang berhasil menjangkau bola di dalam area penalti gagal menendang dengan sempurna sehingga diblok oleh pemain lawan.

Enzo Fernandez nyaris membaw Argentina unggul pada menit ke-25. Ia melakukan tembakan dari luar kotak penalti yang ditepis oleh kiper Kroasia. Satu menit berselang, Kroasia memiliki peluang lewat tendangan bebas tetapi berhasil digagalkan.

Argentina mulai keluar menyerang sejak memasuki menit ke-25. Dan pada menit ke-32, Julian Alvarez dijatuhkan oleh kiper Kroasia di kotak terlarang sehingga wasit menunjuk titik putih. Lionel Messi sukses mengeksekusi penalti dengan sempurna.

Unggul 1-0 membuat Kroasia meningkatkan tekanan. Namun Argentina memanfaatkan serangan balik untuk menggandakan keunggulan melalui Alvarez pada menit ke-39. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Kroasia mendapatkan peluang memperkecil ketertinggalan ketika babak kedua berjalan satu menit melalui skema bola mati. Namun umpan lambung Luka Modric ke depan gawang ditangkap oleh Emiliano Martinez.

Messi nyaris mencetak gol keduanya pada menit ke-58. Namun tembakan kaki kirinya diblok oleh kiper Kroasia. Pada menit ke-62, sundukan Lovren nyaris berbuah gol jika tak diblok.

Baca juga : Cemooh Messi ke Weghorst Jadi Duit di Argentina

Messi menunjukkan magisnya ketika ia melewati tiga pemain Kroasia dari sisi kanan pertahanan. Ia kemudian menusuk ke area penalti dan mengirimkan assist kepada Alvarez untuk mencetak gol keduanya. Argentina pun unggul 3-0.

Kroasia meningkatkan tekanan. Pada menit ke-85, Lovren mendapatkan kesempatan mencetak gol ketika mendapatkan assist sundulan dari rekannya. Tetapi Lovren gagal menjangkau bola. Hingga laga berakhir skor bertahan 3-0 untuk kemenangan Argentina.

Susunan pemain Argentina Vs Kroasia:

Argentina: Emiliano Martinez, Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico, Rodrigo de Paul, Enzo Fernandez, Leandro Paredes, Alexis Mac Allister, Lionel Messi, Julian Alvarez

Kroasia: Dominik Livakovic, Ivan Perisic, Andrej Kramaric, Mario Pasalic, Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, Luka Modric, Borna Sosa, Josko Gvardiol, Dejan Lovren, Josip Juranovic.

Baca juga : Argentina Vs Kroasia: Lionel Messi Versus Luka Modric

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement