Rabu 14 Dec 2022 00:41 WIB

Argentina Vs Kroasia: Lionel Messi Versus Luka Modric

Simak catatan menarik Lionel Messi dan Luka Modric jelang Argentina vs Kroasia.

Rep: Yudha Manggala/ Red: Yudha Manggala P Putra
Argentina Vs Kroasia
Foto: Republika.
Argentina Vs Kroasia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa kesamaan antara Lionel Mesi dan Luka Modric. Keduanya sama-sama bernomor kostum 10 di timnas. Sama-sama pernah mendapat Ballon d'Or, menyandang ban kapten, dan sama-sama pernah mengalami kekalahan di final Piala Dunia sebelumnya.

Keduanya kini bakal bertemu dalam laga semifinal Argentina vs Kroasia di Piala Dunia 2022. Pertandingan dijadwalkan berlangsung di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Qatar pada pukul 02:00 dini hari WIB.

Baca Juga

Messi, berstatus pemain Paris St-Germain, sekarang berusia 35 tahun. Sementara Modric (Real Madrid) usianya 37 tahun. Melihat umur tersebut, kemungkinan besar turnamen Piala Dunia di Qatar tahun ini yang terakhir bagi keduanya.

Karena itu, sayang sekali rasanya untuk melewatkan laga dini hari WIB ini. Momennya cukup langka.

Lalu siapakah yang nantinya bakal sukses mengantarkan timnya ke final? Pilih Modric atau Messi?

Untuk sekadar memperkuat argumen kalian, berikut beberapa catatan menarik seputar kedua bintang jelang semifinal Argentina vs Kroasia, yang dirangkum dari BBC Sport dan beberapa sumber terpercaya lain.

Performa Messi vs Modric di Piala Dunia 2022

Seperti diperkirakan banyak orang, kedua pemain sejauh ini berperan besar di masing-masing Timnas. Mereka bahkan sama-sama mencetak gol pada adu penalti di perempat final.

Messi mengambil tendangan pertama saat Argentina mengalahkan Belanda, sementara Modric menjadi penendang ketiga saat Kroasia menyingkirkan tim favorit Brazil.

Modric merupakan pemain pertama yang mampu mencetak tiga gol dalam babak adu penalti di Piala Dunia. Sebelumnya ia menyarangkan gol ke gawang Denmark dan Russia dari titik putih pada 2018.

Namun, bicara statistik pada babak 90 atau 120 menit, Messi sejauh ini lebih unggul. La Pulga telah mencetak empat gol dan dua umpan (assist). Sementara Modric belum sama sekali bikin gol ataupun assist.

Walau, kalau bicara posisi, Messi bermain di depan, sementara Modric beroperasi di lapangan tengah.

Messi juga berhasil mencatatkan jumlah tembakan terbanyak (25) dan upaya mengenai target (12 kali) daripada pemain lain di Piala Dunia kali ini. Striker Prancis Kylian Mbappe, rekan setimnya di Paris St-Germain, ada di posisi kedua.

Baca juga : Pelatih Kroasia Tuding Keputusan Wasit Beri Penalti untuk Argentina Mencurigakan

Meski secara rekor gol, Mbappe masih memimpin dengan 5 gol (Messi 4 gol) dan peluangnya lebih dekat untuk meraih Sepatu Emas.

Bicara operan di luar kotak penalti musuh pada Piala Dunia 2022, Modric masih yang paling sukses dengan 201 umpan. Sementara Messi ada di peringkat delapan dengan 171 operan.

Modric juga tercatat sebagai pemain yang paling banyak memenangkan duel penguasaan bola sepanjang gelaran di Qatar. Ia berada di peringkat ketiga dengan 39 penguasaan dan delapan intersep.

Catatan Karier Internasional Modric vs Messi

Baik Messi dan Modric sama-sama pernah mencicipi kegagalan di final Piala Dunia sebelumnya. Argentina kalah 1-0 lewat gol menit perpanjangan waktu Jerman (Mario Gotze) pada final 2014. Sedangkan Kroasia dikalahkan Prancis 4-2 di final 2018.

Keduanya sama-sama memenangkan bola emas (penghargaan untuk pemain terbaik Piala Dunia) pada waktu itu. Dan kini, dua-duanya juga berpeluang menambah catatan rekor baru.

Messi pada laga dini hari ini bakal menyamai rekor Lothar Matthaus (Jerman) untuk penampilan terbanyak di Piala Dunia (25 kali). Ia juga berpeluang melangkahi rekor itu bila bermain di final atau perebutan juara ketiga nanti.

Baca juga : Argentina Vs Kroasia: Ini Senjata Kiper Emiliano Martinez Menangkan Adu Penalti

Messi sejauh ini juga sudah mencetak 10 gol di Piala Dunia. Hanya tujuh pemain yang mampu mencetak lebih. Di puncak daftar ada Miroslav Klose asal Jerman dengan 16 gol. Lainnya ada Sandor Kocsis (Hungaria) dan Jurgen Klinsmann (Jerman) -- 11 gol, dan legenda Brasil, Pele (12 gol).

Messi saat ini sudah melampaui rekor assist terbanyak di Fase Gugur Piala Dunia, melewati rekor Pele.

Pada laga internasional, Messi sejauh ini sudah mencatat 95 gol dari 170 penampilan di timnas. Sementara Modric bikin 23 gol dari 160 laga internasional bersama Timnas Kroasia.

Bicara piala, Messi sudah mengantongi gelar Copa America, sementara Modric belum mengangkat satu trofi internasional sekalipun.

Baca juga : Messi Gemilang, Argentina Lolos ke Final Piala Dunia 2022

Satu hal menarik. Kedua pemain ternyata sama-sama memiliki catatan pribadi khusus saat Argentina melawan Kroasia dalam laga persahabatan Maret 2006.  

Saat itu Messi mencetak gol pertamanya untuk Argentina, sementara Modric melakukan debut pertamanya bersama Kroasia. Dalam laga itu Kroasia menang 3-2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement