Selasa 13 Dec 2022 13:02 WIB

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Kedua tim sama-sama meraih 2 kemenangan dan 1 hasil imbang dalam 5 laga.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Argentina Vs Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022 Qatar.
Foto: Republika.
Argentina Vs Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022 Qatar.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Stadion Lusail akan menjadi arena pertarungan antara Argentina dan Kroasia dalam berebut satu tiket final Piala Dunia 2022 Qatar, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB. Ini menjadi duel pertama antara Albiceleste dan Vatreni di fase gugur turnamen sepak bola paling bergengsi sejagat tersebut.

Secara keseluruhan, Argentina dan Kroasia telah lima kali saling berhadapan di semua ajang. Dari lima bentrokan tersebut, kedua tim sama-sama meraih dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Baca Juga

Pertemuan pertama antara Albiceleste dan Vatreni tersaji di laga persabahatan pada 1994 silam. Saat itu, laga berakhir imbang, tanpa gol. Itu menjadi satu-satunya hasil imbang yang ditorehkan saat kedua tim saling berhadapan di empat kesempatan berikutnya.

Babak penyisihan Grup H Piala Dunia 1998 menandai pertemuan pertama antara kedua tim di laga kompetitif. Hasilnya, Argentina, yang saat itu ditangani Daniel Passarella, berhasil memetik kemenangan tipis, 1-0, via gol semata wayang Gabriel Omar Batistuta pada menit ke-28.

Berselang delapan tahun pascalaga tersebut, kedua tim kembali saling berhadapan. Kali ini, Kroasia menghadapi Argentina di sebuah laga persahabatan, yang digelar di Basel, Swiss. Laga ini menjadi persiapan kedua tim dalam menatap gelaran Piala Dunia 2006. Laga itu juga memiliki arti spesial buat kapten timnas Kroasia saat ini, Luka Modric.

Di laga tersebut, Modric yang saat itu baru berusia 21 tahun melakoni debut bersama tim senior Kroasia. Kroasia akhirnya berhasil menutup laga dengan kemenangan, 3-2, atas Albiceleste. Kekalahan di laga persahabatan ini dibalas Albiceleste dalam laga serupa, tepatnya saat menang, 2-1. Namun, keberhasilan membalas kekalahan itu tidak hanya milik Argentina.

Di babak penyisihan Grup D Piala Dunia 2018, Vatreni sukses membalaskan dendam kekalahan di babak penyisihan Grup H Piala Dunia 1998. Bahkan, di laga ketiga penyisihan Grup D Piala Dunia 2018 itu, Kroasia bisa berpesta gol.

Tiga gol berhasil disarangkan Vatreni ke gawang Albiceleste. Lionel Messi dan kawan-kawan terpaksa mengakui keunggulan Kroasia lewat gol yang ditorehkan Ante Rebic, Luka Modric, dan Ivan Rakitic. Laga di Stadion Nizhny Novgorod itu menjadi duel terakhir antara Kroasia dan Argentina.

Dari total lima pertemuan tersebut, Kroasia mampu menggungguli Argentina dalam hal jumlah torehan gol. Sementara Argentina hanya bisa mengemas total lima gol, Kroasia bisa tujuh kali merobek gawang Argentina dalam lima kesempatan tersebut.

Berikut data pertemuan antara Kroasia dan Argentina berdasarkan laman Sports Mole, Selasa (13/12/2022).

- 4 Juni 1994: Argentina 0-0 Kroasia (Partai Persahabatan)

- 26 Juni 1998: Argentina 1-0 Kroasia (Penyisihan Grup Piala Dunia 1998)

- 1 Maret 2006: Argentina 2-3 Krosia (Partai Persahabatan)

- 12 November 2014: Argentina 2-1 Kroasia (Partai Persahabatan)

- 21 Juni 2018: Argentina 0-3 Krosia (Penyisihan Grup Piala Dunia 2018).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement