Senin 12 Dec 2022 13:36 WIB

Latih Jiwa Kepemimpinan Taruna/Taruni, Poltekpel Sumbar Adakan Outbound di Kaki Merapi

Kegiatan ini diharapkan juga dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Direktur Poltekpel Sumbar Capt Wisnu Risianto MM membuka kegiatan pelatihan leadership di Parak Angah Camping Ground Nagari Sariak Sungaipua Bukittinggi Sumbar.
Foto: Istimewa
Direktur Poltekpel Sumbar Capt Wisnu Risianto MM membuka kegiatan pelatihan leadership di Parak Angah Camping Ground Nagari Sariak Sungaipua Bukittinggi Sumbar.

REPUBLIKA.CO.ID, SUMATRA BARAT -- Sebanyak 166 taruna/i Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) mengikuti kegiatan pelatihan leadership di Parak Angah Camping Ground Nagari Sariak Sungaipua Bukittinggi Sumatra Barat pada Sabtu, (10/12). Peserta kegiatan terdiri dari 131 orang taruna angkatan VI dan 35 orang angkatan IV. 

Direktur Poltekpel Sumbar Capt Wisnu Risianto MM membuka kegiatan secara langsung. Pembukaan kegiatan turut disambut hangat oleh tokoh masyarakat Nagaria Sariak Sungaipua, EH Datuak Rangkayo Basa, E Datuak Bandaro Gadang, E Datuak Malintang Basa, Wali Nagari Sariak, Kerapatan Adat Nagari Sariak, dan Pengurus Badan Musyawarah Nagari serta Pemuda Parik Pagar Nagari.

 

photo
Pelatihan leadership Poltekpel Sumbar di Parak Angah Camping Ground Nagari Sariak Sungaipua Bukittinggi Sumbar. - (Istimewa)

 

Kegiatan pembukaan diawali dengan penyambutan gandang tasa yang dibawakan oleh para Pemuda Nagari Sariak lalu kemudian dilanjutkan dengan upacara seremonial. Kegiatan pelatihan leadership turut didamping oleh para instruktur dari TNI AL, tim Pusat Pembangunan Karakter Taruna, dan tim medis dari Poltekpel Sumbar serta pemuka dan tokoh masyarakat Nagari Sariak Sungaipua. 

Para taruna/i dibekali dengan serangkaian kegiatan untuk melatih jiwa kepemimpinannya. Dengan mengangkat tema "Dicipline, Smart, & Stronger", kegiatan ini diharapkan dapat memupuk kedisiplinan, menambah pengetahuan, dan melatih kekuatan fisik para taruna/i sebagai persiapan dan bekal para taruna/i saat praktik laut maupun praktik darat nanti. Karena tidak dipungkiri, pada masa praktik di kapal misalnya, dibutuhkan jiwa kepemimpinan, disiplin waktu, kecerdasan dalam melihat situasi dan kondisi, serta kekuatan mental terutama saat tugas jaga, begitu juga dengan praktik darat nantinya.  

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain: tracking di kaki Gunung Marapi, outbound, ice breaking, kegiatan leadership & teamwork building, dan bina akrab api unggun. 

Direktur Poltekpel Sumbar, Capt. Wisnu Risianto MM menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terimakasih atas sambutan hangat dari tokoh masyarakat, pemuda, dan Wali Nagari Sariak yang telah menerima dan ikut mendampingi kegiatan para taruna/i. 

"Terlaksananya kegiatan ini semoga dapat menambah wawasan kepemimpinan, pengalaman, ketahanan fisik, dan bekal para taruna/i saat terjun di tengah masyarakat sebagai tenaga profesional dalam bidang maritim kelak. Terima kasih dan apresiasi mendalam kepada tokoh masyarakat, para pemuda, Wali Nagari Sariak Sungaipua, para panitia, dan semua pihak terlibat atas konstribusinya sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik," ujar Wisnu dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Senin (12/12/2022).

Kegiatan ini diharapkan juga dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat dengan memberikan gambaran pendidikan dan pelatihan para taruna/i Poltekpel Sumbar untuk meningkatkan minat para pemuda Minang untuk menimba ilmu menjadi pelaut. "Kami juga berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif tidak hanya bagi taruna/i kami, tapi juga bagi masyarakat sekitar yang menjunjung tinggi adat istiadat Minang," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Drs Junaidi Datuk Bandaro Gadang mewakili Tokoh Adat menyampaikan dukungan atas terlaksananya kegiatan ini. "Kami pun menyambut baik dan mendukung terselenggaranya kegiatan ini yang juga sejalan dengan adat istiadat Minang dengan mengedepankan kepemimpinan, seperti falsafah Minang mengatakan Bajanjang Naik Batanggo Turun yang menjadi simbol gaya kepemimpinan para Ninik Mamak untuk melindungi anak kamanakan di Minangkabau," pungkasnya.

Para tokoh masyarakat juga mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar Parak Angah Camping Ground Nagari Sariak Sungaipua Bukittinggi ini dapat memberikan manfaat edukasi dan potensi wisata Gunung Marapi guna membentuk karakter Taruna/i yang tangguh saat terjun ke dunia pelayaran. Para tokoh masyarakat juga berharap agar Poltekpel Sumbar bisa membantu menyosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada para pemuda Minang di Nagari Sariak yang tertarik menjadi pelaut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement