Senin 12 Dec 2022 12:50 WIB

Ini Deretan Nama Sebagai Calon Kandidat Pengganti Southgate

Ada empat nama pelatih yang siap menggantikan Southgate sebagai pelatih Inggris

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih kepala Inggris Gareth Southgate berdiri selama lagu kebangsaannya sebelum pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia antara Inggris dan Prancis, di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Sabtu, 10 Desember 2022.
Foto: AP/Abbie Parr
Pelatih kepala Inggris Gareth Southgate berdiri selama lagu kebangsaannya sebelum pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia antara Inggris dan Prancis, di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Sabtu, 10 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Gareth Southgate membuka kemungkinan untuk meninggalkan kursi pelatih Timnas Inggris menyusul kegagalan The Three Lions melangkah ke babak semifinal Piala Dunia 2022.

Sejumlah nama pelatih papan atas pun mulai beredar sebagai calon pengganti Southgate. Berdasarkan lansiran The Telegraph, setidaknya ada empat nama pelatih yang memiliki kemungkinan terbesar masuk dalam daftar kandidat pengganti Southgate, yang akan disusun Federasi Sepak Bola Inggris (FA).

Empat nama tersebut adalah Thomas Tuchel, Mauricio Pochettino, Brendan Rodgers, dan Steve Holland. Selama 18 bulan menukangi Chelsea, Tuchel mampu mempersembahkan gelar juara Liga Champions, tepatnya pada akhir musim 2020/2021.

Capaian ini diraih pelatih asal Jerman itu setelah hanya menukangi The Blues kurang dari satu musim. Sejak dipecat The Blues pada November 2022 silam, Tuchel diketahui belum mendapatkan tim anyar.

Sementara untuk Pochettino, pelatih asal Argentina itu dinilai sudah begitu mengenal gaya permainan di Inggris. Pochettino pernah berkiprah selama enam tahun di Liga Primer Inggris, yaitu saat menukangi Southampton dan Tottenham Hotspur.

Seperti halnya Tuchel, Pocehttino pun diketahui belum menangani tim setelah dipecat Paris Saint Germain akhir musim lalu. ''Pochettino juga sempat membuka peluang untuk bisa menangani Timnas Inggris,'' tulis laporan The Telegraph seperti dilansir Metro, Senin (12/12).

Calon kandidat lain yang muncul adalah Brendan Rodgers. Pelatih Leicester City sudah berkecimpung lebih dari satu dekade di pentas sepak bola Britania Raya dan Skotlandia.

Pelatih asal Irlandia Utara itu pernah menukangi sejumlah klub, mulai dari Liverpool, Glasgow Celtic, hingga Swansea City. Nama Holland juga disebut-sebut layak masuk dalam daftar calon pengganti Southgate.

Holland merupakan asisten pelatih Southgate sejak eks pelatih Middlesbrough itu mulai dipercaya menukangi The Three Lions pada 2016 silam. Sebelum berkiprah di Timnas Inggris, Holland diketahui merajut karier di Chelsea selama kurang lebih 10 tahun.

Pasca Inggris disingkirkan Prancis di babak perempat final Piala Dunia 2022, Southgate sempat mengaku bakal mempertimbangkan kelanjutan kiprahnya sebagai pelatih Timnas Inggris.

Saat ini, Southgate diketahui masih terikat kontrak bersama FA sebagai pelatih utama Timnas Inggris hingga 2024 mendatang. ''Saya rasa, setiap akhir turnamen, kami harus duduk bersama dan melakukan evaluasi serta refleksi.

Mungkin hal itu membutuhkan sedikit waktu guna memastikan keputusan yang akan diambil merupakan keputusan terbaik,'' kata pelatih berusia 52 tahun itu kepada ITV Sport.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement