Friday, 12 Rajab 1444 / 03 February 2023

Jurnalis Olahraga AS Meninggal di Qatar 

Sabtu 10 Dec 2022 12:41 WIB

Rep: Lintar Satria / Red: Ani Nursalikah

Ekspresi para pemain Argentina usai Lionel Messi mencetak gol dari titik pinalti.Jurnalis Olahraga AS Meninggal di Qatar 

Ekspresi para pemain Argentina usai Lionel Messi mencetak gol dari titik pinalti.Jurnalis Olahraga AS Meninggal di Qatar 

Foto: AP Photo/Ricardo Mazalan
Ia meninggal saat meliput pertandingan Argentina-Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Asosiasi Sepak bola Amerika Serikat (AS) atau US Soccer dan keluarga jurnalis olahraga Grant Wahl mengatakan Wahl meninggal dunia di Qatar saat Piala Dunia. US Soccer mengatakan sangat sedih mengetahui kematian Walh. 

Istrinya merespons pernyataan US Soccer di Twitter dengan mengatakan ia masih sangat terkejut. Wahl adalah mantan jurnalis Sports Illustrated yang pindah ke Substack. Pada Jumat (9/12/2022) ia sempat mencicit tentang pertandingan Belanda-Argentina. 

Baca Juga

Bulan lalu ia mengatakan sempat ditahan sebentar saat mencoba masuk stadion Piala Dunia di Qatar karena mengenakan kaus pelangi sebagai bentuk dukungan pada komunitas LGBTQ. 

Pada akhir November lalu, Wahl mengatakan keamanan Piala Dunia melarangnya masuk stadion Ahmad Bin Ali di Al Rayyan dalam pertandingan AS melawan Wales. Ia diminta melepas kausnya. 

NPR melaporkan ia meninggal dunia saat meliput pertandingan Argentina-Belanda. Detail lain seputar kematiannya belum terungkap. Pada Senin lalu (5/12/2022), ia menulis mengunjungi rumah sakit saat di Qatar. 

"Saya tidak memiliki Covid-19 (tes rutin di sini), tapi hari ini saya mendatangi klinik medis di pusat media dan mereka mengatakan saya mungkin memiliki bronkitis," tulisnya di Substack pekan ini. 

Departemen Luar Negeri AS belum menanggapi permintaan komentar. "Ia orang baik dan peduli yang sangat bersemangat pada sepakbola dan dedikasinya pada jurnalisme tidak terukur," kata Komisioner Liga Mayor Sepak Bola AS Don Garber mendengar kematian Wahl.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA