Sabtu 10 Dec 2022 00:56 WIB

Dramatis, Kroasia Singkirkan Brasil Lewat Adu Pinalti

Brasil harus terisngkir dari Kroasia dengan skor 2-4.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Agung Sasongko
 Kiper Kroasia Dominik Livakovic (Kiri) dan rekan setimnya merayakan setelah memenangkan adu penalti pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia 2022 antara Kroasia dan Brasil di Stadion Education City di Doha, Qatar, Jumat (9/12/2022).
Foto: EPA-EFE/Georgi Licovski
Kiper Kroasia Dominik Livakovic (Kiri) dan rekan setimnya merayakan setelah memenangkan adu penalti pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia 2022 antara Kroasia dan Brasil di Stadion Education City di Doha, Qatar, Jumat (9/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, AR-Rayyan -- Drama adu penalti kembali memakan korban. Kali ini timnas Brasil harus terisngkir dari Kroasia dengan skor 2-4 pada babak perempat final Piala Dunia 2022.

Berlangsung di Education City Stadium, Sabtu (10/12) kedua tim menyajikan duel menarik dengan skor berkesudahan imbang 1-1 hingga perpanjangan waktu. Brasil tancap gasi di interval kedua, namun kesulitan menaklukkan kiper Kroasia, Dominik Livakovic.

Baca Juga

Skor kacamata bertahan hingga waktu normal habis. Laga pun berlanjut ke babak tambahan selama 2x15 menit. Pasukan Tite tidak mengendurkan serangan, yang membuat kubu Kroasia bermain cukup dalam alias bertahan.

photo
Neymar (Tengah) dari Brasil merayakan setelah mencetak keunggulan 1-0 selama pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia FIFA 2022 antara Kroasia dan Brasil di Stadion Education City di Doha, Qatar, Jumat (9/12/2022). - (EPA-EFE/Friedemann Vogel)

Tim berjuluk Selecao membuka gol lebih dulu melalui penyerang Neymar Jr berkat kerja sama sat dua dengan Rodrygo pada menit ke-105 +1. Skor 1-0 untuk Brasil.

Tertinggal gol tak membuat armada Zlatko Dalic menyerah. Buah dari kesabaran dan pantang menyerah berujung indah.

Vatreni, julukan Kroasia justru berhasil memecah kebutuhan sekaligus menyamakan kedudukan melalui striker pengganti Bruno Petkovic menit ke-116.

photo
Bruno Petkovic (Tengah) dari Kroasia merayakan setelah mencetak gol 1-1 selama pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia 2022 antara Kroasia dan Brasil di Stadion Education City di Doha, Qatar, Jumat (9/12/2022). - (EPA-EFE/Friedemann Vogel)

Skor menjadi sama kuat 1-1. Alhasil tim pemenang harus ditentukan melalui adu penalti.

Pemain Kroasia Nikola Vlasic menjadi penendang pertama. Tembakannya ke arah tengah salah diantisipasi oleh kiper Alisson Becker. Dominik Livakovic mampu menghadang tembakan algojo pertama Brasil Rodrygo. Tembakan sang pemain ke arah sebelah kanan berhasil ditebak.

Kroasia kembali mampu mengecoh Alisson Becker. Kali ini Lovro Majer memaksa kiper Brasil memungut bola. Penendang ketiga Brasil Casemiro kali ini bisa menyarangkan bola ke gawang Kroasia. Tembakannya ke arah kiri tak bisa dijangkau Livakovic.

Duka Brasil terjadi saat Marquinhos menjadi algojo keempat. Tembakan sang pemain menghantam mistar gawang dan skor berakhir 4-2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement