Jumat 09 Dec 2022 23:28 WIB

Gerakan Bangga Indonesia, Kementerian BUMN Dorong UMKM Go Global

Komitmen seluruh BUMN untuk turut serta membangun perekonomian Indonesia

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
Menteri Erick Thohir mengatakan komitmen seluruh BUMN sebagai aset milik negara untuk turut serta membangun perekonomian Indonesia.  (ilustrasi).
Foto: Republika/Silvy Dian Setiawan
Menteri Erick Thohir mengatakan komitmen seluruh BUMN sebagai aset milik negara untuk turut serta membangun perekonomian Indonesia. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penghujung 2022 menjadi momen berharga dari langkah besar Kalimantan Barat menjadi provinsi yang menegaskan keberadaannya sebagai salah satu wajah Indonesia. Berbatasan langsung dengan salah satu wilayah Malaysia, sudah selayaknya Kalimantan Barat mendorong pengusaha UMKM, industri kecil dan menengah, serta artisan untuk menembus kancah global, tentu tanpa melupakan potensi pasar digital dalam negeri.  

Adapun langkah besar ini bernama Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kalimantan Barat. Menempatkan pengusaha UMKM, serta industri kecil dan menengah untuk meningkatkan kualitas produknya dan menguasai keahlian digital untuk memanfaatkan fitur-fitur teknologi dalam mengembangkan usahanya.

Di bawah arahan Kementerian Badan Usaha Milik Negara sebagai manajer kampanye program yang mengusung tema #CorakCorakKalbar - Membangun UMKM Kalbar Go Global ini menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan tujuh Rumah BUMN untuk melakukan pelatihan dan pendampingan pengusaha UMKM. Sebuah kerja sama yang menunjukkan betapa kepentingan masyarakat layak menjadi prioritas seluruh anak bangsa.

Menteri Erick Thohir mengatakan komitmen seluruh BUMN sebagai aset milik negara untuk turut serta membangun perekonomian Indonesia. “Keberadaan kami memang untuk membangun negeri ini. Kami sepenuhnya menyadari bahwa tulang punggung perekonomian bangsa ini justru berada punggung para pengusaha UMKM. jadi, untuk membangun Indonesia, penting untuk memastikan pengusaha UMKM ini mampu menjalankan usahanya tanpa halangan berarti,” ujarnya, Jumat (9/12/2022).

Komitmen Kementerian BUMN dibuktikan dengan berbagai capaian luar biasa dari Gernas BBI Kalbar. Gernas ini turut mendukung penyaluran kredit digiKU Kalimantan Barat sebesar Rp 200 miliar selama periode Agustus-Oktober 2022.   

Tak hanya itu, kredit usaha rakyat (KUR) juga disalurkan ke lebih dari 75.000 UMKM di Kalbar senilai Rp 4,26 triliun sepanjang Januari-November 2022. Sementara itu selama periode yang sama, ada tujuh UMKM eksportir asal Kalbar dengan catatan transaksi mencapai lebih dari Rp 1,1 triliun.

Nilai fantastis tersebut bukan tanpa perjalanan pelatihan dan pendampingan yang masif. Setidaknya ada 1.900 pengusaha UMKM mengikuti pelatihan bersama Mitra BUMN dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA).

Pesta Panen UMKM Gernas BBI Kalbar Harvesting Gernas BBI Kalbar digelar di Pelataran Rumah Radakng, Pontianak, 9-10 Desember 2022. Layaknya pesta usai panen, acara digelar meriah dengan menghadirkan para UMKM juara yang memperkenalkan produknya di pasar rakyat selama gelaran harvesting tersebut.

Sementara itu SEVP Operasional BNI Fauzi menambahkan perseroan berkomitmen untuk meningkatkan pembinaan UMKM di Kalimantan Barat, salah satunya dengan kegiatan pendampingan Rumah BUMN di bawah binaan BNI yang tersebar pada 29 Rumah BUMN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement