Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

Siapakah Orang Paling Berpengaruh di Twitter pada 2022?

Sabtu 10 Dec 2022 00:05 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Ani Nursalikah

Perdana Menteri India Narendra Modi berjalan untuk menghadiri jamuan makan malam penyambutan KTT Pemimpin G20 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana di Bali, Indonesia, 15 November 2022. KTT Kelompok Dua Puluh (G20) Kepala Negara dan Pemerintahan ke-17 berlangsung dari 15 hingga 16 November 2022. Siapakah Orang Paling Berpengaruh di Twitter pada 2022?

Perdana Menteri India Narendra Modi berjalan untuk menghadiri jamuan makan malam penyambutan KTT Pemimpin G20 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana di Bali, Indonesia, 15 November 2022. KTT Kelompok Dua Puluh (G20) Kepala Negara dan Pemerintahan ke-17 berlangsung dari 15 hingga 16 November 2022. Siapakah Orang Paling Berpengaruh di Twitter pada 2022?

Foto: EPA-EFE/WILLY KURNIAWAN
Brandwatch menyusun daftar 50 orang paling berpengaruh di Twitter pada 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Perusahaan riset media sosial Brandwatch menyusun daftar 50 orang paling berpengaruh di Twitter pada 2022. Data tersebut menunjukkan Perdana Menteri India Narendra Modi menjadi orang paling berpengaruh di Twitter tahun ini.

Brandwatch melakukan analisis metrik audiens dan telah menetapkan skor pemengaruh. Skor itu mengukur pengaruh akun dari waktu ke waktu berdasarkan tingkat keterlibatan actual yang diciptakannya.

Baca Juga

“Sementara sejumlah besar pengikut, retweet, dan balasan akan membantu. Semakin berpengaruh orang yang terlibat dengan mereka, semakin baik skornya,” kata perusahaan tersebut, dikutip dari Malay Mail, Kamis (8/12/2022).

Modi menjadi yang teratas dengan metodologi tersebut. Politikus itu sangat aktif membagikan postingan secara teratur di jejaring media sosial dan paling berpengaruh.

Konon, Modi bukanlah yang paling banyak diikuti di platform dengan 84,7 juta pengikut. Dia dikalahkan oleh Barack Obama dengan 133,2 juta pengikut. Modi terkadang menulis cicitan di Twitter dalam bahasa Gujarati dan terkadang dalam bahasa Inggris.

Narendra Modi tidak hanya bereaksi terhadap berita politik, tetapi juga memupuk interaksi nyata dengan pengguna internet. Twitter dan jejaring sosial pada umumnya telah menjadi alat yang sesungguhnya untuk menjangkau pengguna web muda India, yang juga mewakili sejumlah pasar pemilih.

photo
Taylor Swift berpose di ruang pers dengan penghargaan album terbaik tahun ini - (AP/Jordan Strauss/Invision)
Politik Mendapat Tempat

Naiknya Modi ke puncak mengungguli penyanyi Taylor Swift. Swift tetap memiliki skor influencer yang sama yaitu 97.

Hasil ini menempatkan pengaruh yang berkembang dari profesi politikus di Twitter ke dalam perspektif, dengan delapan persen dari 50 pemengaruh teratas masuk dalam kategori ini. Selain Barack Obama di peringkat 10 (turun 5 peringkat sejak 2021), ada juga Hillary Clinton di peringkat 19 (naik 6 peringkat), dan Alexandria Ocasio-Cortez yang memulai debutnya pada tahun ini di peringkat 37.

Sebagai informasi, akun Donald Trump masih ditangguhkan untuk saat ini, sehingga tidak dihitung dalam peringkat tersebut. Serta @FLOTUS, akun ibu negara Amerika Serikat, @VP, akun wakil presiden, keduanya dikelola oleh staf Gedung Putih. Akun mantan Presiden Amerika Serikat ke-44 dan ke-45, @POTUS44 dan @POTUS45, yang diarsipkan, juga tidak diperhitungkan.

Sementara politikus mencetak langkah anyar, musisi adalah profesi paling berpengaruh di Twitter, menurut Brandwatch, dengan 48 persen dari peringkat musisi berpengaruh. Taylor Swift, peringkat pertama pada 2021 dan Katy Perry masing-masing berada di urutan kedua dan ketiga dalam daftar. INext adalah profesi pembawa acara televisi yang menghitung pemengaruh teratas, dengan 10 persen dari 50 pemengaruh dalam kategori ini. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA