Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Pentingnya Coating Cat Mobil Saat Musim Hujan

Kamis 08 Dec 2022 09:10 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Spion mobil (Ilustrasi)

Spion mobil (Ilustrasi)

Foto: pixabay
Coating cat mobil dilakukan dengan menutup pori dan menambah lapisan pada cat mobil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki musim hujan, ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk merawat mobil agar tetap awet. Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan pada bagian eksterior seperti cat mobil.

Perlu diketahui, cat mobil yang terus-menerus terkena air hujan akan berpengaruh pada keawetan cat dan bodi mobil. Untuk menghindari adanya kerusakan sekaligus menjaga cat mobil tetap awet, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menganjurkan para pemilik mobil untuk melakukan tambahan perawatan yaitu coating cat mobil.

Baca Juga

Asst. to Service Dept. Head SIS, Hariadi mengatakan, coating cat mobil dilakukan dengan menutup pori dan menambahkan lapisan pada cat mobil. "Lapisan yang digunakan merupakan lapisan khusus berupa ceramic coating yang terdiri dari campuran silikon dioksida, polysilazane dan bahan pelarut lainnya," kata Hariadi dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Rabu (7/12).

Ia mengungkap, coating mobil memiliki banyak sekali manfaat seperti terhindar dari timbulnya waterspot, mencegah munculnya goresan halus pada bodi mobil dan mempertahankan keawetan cat mobil.

"Penambahan lapisan cat atau coating cat mobil dapat menghindari datangnya waterspot atau biasa disebut jamur yang disebabkan oleh air hujan yang meresap ke dalam pori cat mobil. Apabila coating cat mobil dilakukan, air hujan yang menempel pada bodi mobil akan langsung turun dan tidak menyentuh permukaan cat terlalu lama. Sehingga pada permukaannya tidak akan muncul noda yang sulit dihilangkan," kata dia.

Di satu sisi, air hujan yang mengenai bodi mobil tidak hanya berpotensi menyebabkan timbulnya jamur, tetapi juga dapat menimbulkan goresan pada bodi mobil.

Goresan tersebut dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor, misalnya seperti cipratan air hujan dari kendaraan lain yang seringkali bercampur dengan debu maupun kotoran berpartikel kecil dapat menempel pada bodi mobil dan jika bergesekan bisa berpotensi menimbulkan goresan halus.

"Selain itu, terkadang hujan deras dapat mengakibatkan ranting pohon terjatuh dan mengenai bodi mobil yang sedang berjalan maupun terparkir sehingga memberikan bekas goresan pada bodi mobil. Dengan memberikan perindungan menggunakan coating cat mobil, maka goresan-goresan halus tersebut dapat dihindari terlebih dahulu," ujarnya.


Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA