Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Kesehatannya Sering Diabaikan, Ini Lima Makanan Terbaik untuk Organ Hati

Rabu 07 Dec 2022 23:07 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah

Organ hati memiliki 500 tugas penting bagi tubuh manusia.

Organ hati memiliki 500 tugas penting bagi tubuh manusia.

Foto: Health
Organ hati memiliki 500 tugas penting bagi tubuh manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hati merupakan organ terbesar kedua di tubuh Anda setelah kulit. Para ilmuwan mengatakan hati melakukan 500 tugas yang sangat penting bagi hidup, di antaranya memecah makanan, menghilangkan racun dari darah, dan membersihkan obat lain dari tubuh.

Sayangnya, kesehatan hati banyak diabaikan. Akhirnya timbul berbagai penyakit.

Baca Juga

"Anda dapat melindungi hati dengan menghindari tambahan gula dan alkohol berlebih dan membatasi makanan ringan olahan, seperti pretzel," ujar ahli gizi terdaftar Jill Weisenberger, MS, RDN, CDCES seperti dilansir dari laman EatThis, Rabu (7/12/2022).

Untuk lebih proaktif tentang kesehatan hati, Anda dapat sering-sering mengisi piring Anda dengan makanan super tertentu yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan hati, seperti berikut.

 

1. Jelai dan gandum

Kedua biji-bijian tersebut merupakan sumber serat makanan yang baik, yang telah terbukti membantu orang menurunkan berat badan dan menciptakan keseimbangan bakteri yang sehat dalam mikrobioma usus mereka. Para penulis studi terbaru di Nutrients mengatakan penurunan berat badan yang dicapai dengan pembatasan kalori adalah salah satu pengobatan paling efektif untuk penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD).

Mengonsumsi makanan kaya serat membuat Anda kenyang lebih lama, seringkali mengurangi jumlah kalori yang Anda makan. Terlebih lagi, serat prebiotik menstimulasi mikrobiota usus yang sehat, yang mengurangi peradangan dan luka hati.

 

2. Sayuran silangan

Ahli gizi Carley Knowles, RDN, LD mengatakan sayuran membantu tubuh secara alami mendetoksifikasi dan melindungi hati dari kerusakan, sekaligus meningkatkan fungsinya secara keseluruhan.

Sebuah studi oleh para ilmuwan Texas A&M AgriLife Research menunjukkan bahwa NAFLD dapat dikendalikan oleh senyawa yang disebut indole yang ditemukan dalam kubis, kangkung, kembang kol, brokoli, dan kubis Brussel.

 

3. Blueberry dan sayuran hijau

Weisenberger menyarankan beberapa makanan yang direkomendasikan untuk kesehatan hati termasuk blueberry dan buah beri lainnya, bumbu dan rempah-rempah, sayuran hijau, brokoli, dan sayuran silangan lainnya. "Masing-masing makanan ini mengandung banyak fitonutrien penambah kesehatan yang mendukung fungsi hati."

 

4. Kopi, teh hijau, dan air

American Liver Foundation menyebutkan hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk melindungi hati Anda adalah menghindari alkohol. Hal terbaik kedua, minum banyak air untuk mencegah dehidrasi dan membantu fungsi hati Anda lebih baik.

"Minum air juga kemungkinan akan mengurangi konsumsi minuman manis, yang berbahaya bagi hati. Minuman sehat hati lainnya termasuk teh dan kopi," ujar Weisenberger.

Teh pelindung hati yang paling ampuh adalah teh hijau matcha, yang mengandung katekin antioksidan dalam jumlah terbesar. Sebuah meta-analisis dari studi yang diterbitkan dalam International Journal of Clinical and Experimental Medicine menyimpulkan bahwa minum teh hijau secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko kanker hati HCC, penyakit hati berlemak, hepatitis, dan sirosis hati. Kopi, termasuk kopi tanpa kafein, juga menurunkan risiko penyakit hati kronis.

 

5. Minyak zaitun

Knowles mengatakan, penelitian menunjukkan minyak zaitun meningkatkan kolesterol baik yang melindungi Anda dari penyakit hati berlemak.

Asam oleat minyak zaitun, asam lemak tak jenuh tunggal, dan senyawa fenolik mengaktifkan jalur pensinyalan tertentu di hati yang membantu mencegah peradangan, stres oksidatif, disfungsi mitokondria, dan resistensi insulin, membantu mencegah dan bahkan membalikkan kerusakan hati, menurut sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan di Endocrine, Metabolic & Immune Disorders – Drug Targets.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA