Friday, 12 Rajab 1444 / 03 February 2023

Ingin Sukses Bisnis Kuliner? Simak Strateginya dari MakCiak

Rabu 07 Dec 2022 16:20 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

MakCiak merupakan bisnis rumah makan Padang yang didirikan pada 2015. Ilustrasi.

MakCiak merupakan bisnis rumah makan Padang yang didirikan pada 2015. Ilustrasi.

Foto: Republika/Christiyaningsih
MakCiak merupakan bisnis rumah makan Padang yang didirikan pada 2015

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Bisnis kuliner MakCiak membagikan beberapa strategi dan tips membangun usaha kuliner dalam menyambut tahun 2023 di tengah berbagai ancaman krisis ekonomi. MakCiak merupakan bisnis rumah makan Padang yang didirikan pada 2015 oleh seorang pemuda asal Sumatra Barat bernama Iwan Febrian bersama dengan pamannya, Aprizal, yang kini menjabat sebagai Head of Chef MakCiak.

CEO and Co-Founder MakCiak Iwan Febrian mengatakan situasi pandemi sempat membuat perjalanan bisnis MakCiak melemah karena adanya berbagai pembatasan kegiatan. Menurut dia, pada akhirnya MakCiak berusaha memaksimalkan platform online untuk memperluas jangkauan pelanggan.

Baca Juga

"Namun, pengalaman selama pandemi ini membuat kami belajar menemukan formula bisnis yang tepat hingga MakCiak bisa bertumbuh seperti sekarang ini," kata Iwan melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Berikut sejumlah strategi dan tips yang dibagikan oleh MakCiak dalam membangun usaha kuliner:

Mulai ide bisnis dengan segera

Iwan menghargai setiap proses dalam membangun bisnis, mulai dari kegagalan hingga kesuksesan. Menurut Iwan, langkah utama yang harus dimiliki seorang pelaku usaha adalah keberanian dalam mewujudkan ide bisnisnya.

Dia menilai banyak pelaku usaha merasa takut bisnisnya gagal di tengah jalan. Ketakutan tersebut justru menjadi penghalang kesuksesan. Padahal, imbuh dia, tidak ada yang salah jika mencoba mewujudkan ide bisnis, baik sukses maupun gagal, tidak akan pernah merasa rugi.

"Kalau gagal kita dapat pembelajaran berharga, kalau sukses kita dapat menikmati hasilnya," ujar Iwan.

Fokus pada aspek fundamental

Menurut Iwan, ada tiga aspek fundamental yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah bisnis kuliner antara lain pengelolaan kualitas rasa, penyedia logistik, serta sistem operasional keuangan. Di MakCiak, Iwan mendatangkan bahan-bahan masakannya dari Payakumbuh agar kualitas rasanya tetap otentik.

Menurut dia, rasa menjadi hal yang sangat penting dalam bisnis kuliner. Oleh sebab itu, Iwan memandang pentingnya ketersediaan dapur pusat agar dapat mengontrol kualitas rasa.

"Untuk mendapatkan kualitas rasa, kita juga harus memilih bahan masakan terbaik yang berkualitas. Dan yang tidak kalah penting adalah sistem operasional keuangan dengan memanfaatkan teknologi digital," kata Iwan.

Kolaborasi perkuat eksistensi

Agar bisa tumbuh dan berekspansi dengan cepat, Iwan berpendapat bahwa sebuah jenama dapat berkolaborasi dengan mitra bisnis lainnya melalui sistem kemitraan bisnis. Menurut pengalamannya di MakCiak, melalui upaya kemitraan maka pelaku usaha dapat memperluas jaringan bisnis dengan modal, risiko, dan investasi SDM yang lebih minim.

"Untuk menjaga eksistensi bisnis, MakCiak juga berbagi strategi bisnis dengan para mitra kami, termasuk tentang bagaimana memaksimalkan strategi promo di layanan pesan antar-online, seperti ShopeeFood," kata Iwan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA