Friday, 12 Rajab 1444 / 03 February 2023

Pasar Smartwatch Melonjak, Ini Faktor Pendorongnya

Rabu 07 Dec 2022 16:14 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Amazfit GTS 2e

Amazfit GTS 2e

Foto: republika/noer
Pasar smartwatch secara global mencapai 30 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar jam pintar atau smartwatch dilaporkan terus tumbuh signifikan pada kuartal III 2022. Pertumbuhan pasar smartwatch secara global mencapai 30 persen.

Pertumbuhan ini berasal dari berbagai negara, termasuk India, Amerika Utara, dan lainnya. Menurut laporan Global Smartwatch Model Tracker yang dirilis firma riset Counterpoint Research, harga murah dan sistem operasi (OS) yang ringan, menjadi dua faktor pendorong naiknya pangsa pasar jam pintar secara global.

Baca Juga

Analis Counterpoint Research Woojin Son menjelaskan, di antara berbagai jenis jam tangan pintar, jam tangan pintar berkonsep dasar, dengan versi sistem operasi (OS) yang relatif lebih ringan dan harga yang lebih terjangkau, telah menjadi pendorong utama dalam meningkatkan tajam pasar global baru-baru ini. Sementara pengiriman smartwatch yang mendukung aplikasi pihak ketiga, tumbuh 23 persen secara year on year (yoy) pada kuartal III 2022.

Sementara, pengiriman smartwatch dasar juga meningkat lebih dari dua kali lipat secara tahunan dan menyumbang 35 persen dari total pasar. "Peningkatan luar biasa dalam pengiriman jam tangan pintar dasar ini menunjukkan kepada kita bahwa basis pasar berkembang pesat menuju segmen yang lebih mudah diakses. Namun, tetap saja, dalam hal pendapatan, jam tangan pintar HLOS mengungguli jam tangan pintar dasar dengan ukuran pasar hampir 10 kali lipat karena harga jual rata-rata yang tinggi," kata Son.

Tren ini dimanfaatkan Amazfit yang meluncurkan dua jam tangan pintar baru-baru ini, yakni Amazfit GTR 4 dan Amazfit GTS 4. Republika.co.id pun berkesempatan menjajal salah satunya, yakni Amazfit GTR 4.

Jam tangan pintar ini memiliki layar HD AMOLED 1,43 inci dengan tampilan bulat nan klasik. Resolusi layar sentuh Amazfit GTR 4 ini, adalah 466x466, sementara screen to body rationya adalah 68,1 persen.

Amazfit GTR4 ini dibuat dengan bingkai tengah metalik dan hadir dalam tiga warna, termasuk Superspeed Black dan Racetrack Grey. Gawai ini juga memiliki pelantang internal yang dapat menyimpan musik untuk pemutaran independen.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA