Rabu 07 Dec 2022 12:13 WIB

Timur Tengah Catat Peningkatan Kasus HIV Tercepat dalam 20 Tahun

Mereka berisiko lebih tinggi mengembangkan komplikasi Covid-19.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi. Timur Tengah Catat Peningkatan Kasus HIV Tercepat dalam 20 Tahun
Foto: ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/hp.
Ilustrasi. Timur Tengah Catat Peningkatan Kasus HIV Tercepat dalam 20 Tahun

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA) mendokumentasikan peningkatan terbesar dalam infeksi HIV. Sebuah laporan dari perusahaan farmasi AstraZeneca mengungkap infeksi HIV meningkat 31 persen dalam dua dekade terakhir.

Menurut laporan yang disusun oleh Unaids berjudul The Forgotten Millions: Mapping Immunocompromised Patient in the Middle East and North Africa menyebutkan 180 ribu orang di wilayah tersebut hidup dengan HIV/AIDS tahun lalu. “Wilayah MENA adalah salah satu dari sedikit wilayah global yang mengalami peningkatan pesat infeksi HIV, dengan peningkatan 31 persen sejak 2001,” kata laporan itu, dilansir dari The National News, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga

Faktanya, telah terlihat peningkatan terdokumentasi tertinggi dibandingkan dengan semua wilayah di dunia pada periode ini. Ditemukan juga bahwa diabetes dan kanker merupakan sepertiga dari beban penyakit saat ini di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Laporan tersebut, yang pertama dari jenisnya, memetakan orang yang hidup dengan sistem kekebalan yang lemah. Mereka berisiko lebih tinggi mengembangkan komplikasi dari Covid-19 di wilayah tersebut.

“Ada kekurangan data komprehensif tentang populasi ini di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara, di mana kejadian beberapa kondisi ini mungkin jauh lebih tinggi daripada rata-rata global,” kata Direktur Medis Wilayah AstraZeneca untuk Timur Tengah dan Afrika Viraj Rajadhyaksha dalam webinar yang meluncurkan laporan tersebut.

Dia mengatakan laporan itu menganjurkan strategi yang melindungi orang-orang berisiko tinggi selama pandemi Covid-19 dan akan terus dilakukan. “Strategi ini akan mencakup mendukung pemerintah untuk mengumpulkan lebih banyak data tentang kelompok rentan, melibatkan orang dan populasi serta komunitas di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara dalam lebih banyak studi untuk memaksimalkan ketersediaan bukti dunia nyata, dan memperbarui panduan regional dan lokal kami sehingga bahwa petugas layanan kesehatan memberi pasien serangkaian pilihan yang jelas,” kata Rajadyaksha.

Dia mengatakan sistem kekebalan pasien berisiko tinggi kurang mampu melawan infeksi. “Mereka mungkin tidak dapat merespons vaksin secara efektif, membuat mereka sering rentan terhadap penyakit parah," tambahnya.

Selama pandemi Covid-19, orang-orang berisiko tinggi harus mengambil langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan untuk melindungi diri mereka dari virus, termasuk bentuk isolasi diri yang lebih ketat.

“Kita perlu fokus pada orang yang hidup dengan kondisi ini, wilayah MENA memiliki tingkat penyakit tidak menular dan kondisi kronis yang sangat tinggi dan terus meningkat," kata Presiden dan Pendiri Eastern Mediterranean Non-Aliansi Penyakit Menular Ibtihal Fadhil.

Laporan itu mengatakan lebih dari satu juta orang hidup dengan kanker, pembunuh terbesar keempat dengan kandung kemih, kolorektal, hati dan paru-paru yang paling umum. “Negara-negara di wilayah ini menunjukkan peningkatan yang mengganggu dalam jumlah pasien kanker, dengan proyeksi jangka panjang dari peningkatan kejadian kanker hampir dua kali lipat pada tahun 2030,” kata laporan itu.

Akibatnya, Mena juga diproyeksikan mengalami peningkatan kematian akibat kanker yang signifikan dalam beberapa dekade mendatang. Sekitar 8,1 persen populasi kawasan itu lebih dari 70 juta orang mengidap diabetes, proporsi tertinggi di dunia.

Tingkat penyakit tertinggi berada di Kuwait (24,9 persen dari populasi), Mesir (20,9 persen) dan Qatar (19,5 persen). Mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah sangat terpengaruh selama pandemi Covid-19 dan para peneliti menyoroti kurangnya data komprehensif tentang orang yang mengalami gangguan kekebalan di MENA, membuat jutaan orang di seluruh wilayah rentan dan mengganggu upaya untuk mengakhiri pandemi.

Laporan tersebut menunjukkan sementara Covid-19 tampaknya terkendali di sebagian besar dunia, bagi mereka yang tidak meningkatkan respons kekebalan yang optimal terhadap vaksinasi, pandemi terus berlanjut. Para penulis mendesak pembuat kebijakan mempercepat pengumpulan data terpusat pada kelompok berisiko tinggi, termasuk pembuatan pendaftar nasional, untuk memetakan skala dan penyebaran populasi rentan dengan lebih baik, memprioritaskan mereka yang berisiko paling tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement