Rabu , 07 Dec 2022, 01:04 WIB

Hempaskan Spanyol Via Adu Penalti, Maroko Torehkan Sejarah Baru di Piala Dunia

Rep: Reja Irfa Widodo / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Maroko berhasil melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022. Tim berjuluk The Lion of Atlas itu menyingkirkan salah satu kandidat juara, Spanyol, via babak adu penalti, 3-0, dalam laga di Stadion Education City, Al Rayyan, di babak 16 besar, Rabu (7/12) dini hari WIB. Untuk pertama kalinya dalam sejarah partisipasi di Piala Dunia, Maroko berhasil melangkah ke babak perempat final.
Foto EPA-EFE/Tolga Bozoglu

Maroko berhasil melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022. Tim berjuluk The Lion of Atlas itu menyingkirkan salah satu kandidat juara, Spanyol, via babak adu penalti, 3-0, dalam laga di Stadion Education City, Al Rayyan, di babak 16 besar, Rabu (7/12) dini hari WIB. Untuk pertama kalinya dalam sejarah partisipasi di Piala Dunia, Maroko berhasil melangkah ke babak perempat final.

Untuk pertama kalinya Maroko berhasil masuk perempat final piala dunia

REPUBLIKA.CO.ID, AL RAYYAN -- Maroko berhasil melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022. Tim berjuluk The Lion of Atlas itu menyingkirkan salah satu kandidat juara, Spanyol, via babak adu penalti, 3-0, dalam laga di Stadion Education City, Al Rayyan, di babak 16 besar, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB. Untuk pertama kalinya dalam sejarah partisipasi di Piala Dunia, Maroko berhasil melangkah ke babak perempat final. 

Sementara buat Spanyol, kegagalan ini memperpanjang catatan minor La Furia Roja di pentas Piala Dunia. Sejak menjuarai Piala Dunia 2010, Spanyol tidak pernah lagi mampu melaju hingga ke babak perempat final Piala Dunia. Kedua tim harus puas mengakhiri laga dengan skor imbang, tanpa gol, selama 90 menit laga. 

Sepanjang 90 menit hanya ada total 11 tembakan yang tercipta antara kedua tim. Spanyol belum mampu menemukan celah dalam pertahanan rapat Maroko. Di sisi lain, Maroko masih bisa mengancam via sejumlah serangan balik. 

Baca juga : In Picture: Kejutan Piala Dunia 2022, Maroko Lolos Perempat Final

Kondisi serupa juga terjadi di babak tambahan waktu. La Furia Roja mengendalikan permainan via penguasaan bola. Namun, serangan tim besutan Luis Enrique, yang kerap diawali dari kedua sisi sayap, terus menemui kebuntuan. 

Maroko dengan menerapkan garis pertahanan yang begitu dalam, terlihat begitu solid. Untuk aspek serangan, anak-anak asuh Walid Regragoui itu masih mengandalkan kecepatan Hakim Ziyech di sisi kanan. Pun dengan menempatkan pemain pengganti, Walid Cheddira, sebagai ujung tombak. Peluang emas didapatkan Cheddira para menit ke-103. 

Setelah mendapatkan sodoran umpah terobosan dari Azzedine Ounaho, Cheddira tinggal berhadapan dengan kiper Spanyol, Unai Simon. Namun, sepakan Cheddira masih mampu dihalau Simon dengan sepakan kaki kanan. 

Pada babak kedua masa perpanjangan waktu, situasi pertandingan tidak banyak berubah. Spanyol mengendalikan tempo pertandingan dan terus mengepung pertahanan Maroko, sementara The Lion of Atlas, julukan Maroko, berusaha mendapatkan momen-momen menentukan via serangan balik. Akhirnya, hingga 30 menit masa perpanjangan waktu digelar, kedua tim tidak bisa mencetak gol. 

Baca juga : Usai Tumbangkan Swiss, Satu Rekor Ronaldo Kini Menjadi Milik Pepe

Penentuan tiket ke babak perempat final Piala Dunia 2022 antara Spanyol dengan Maroko harus dilakukan via babak adu penalti. Via lempar koin oleh wasit, Maroko mendapatkan giliran pertama mengeksekusi tendangan penalti. Penendang pertama Maroko, Abdelhamid Sabiri, sukses melakoni tugasnya. 

Di sisi lain, penendang pertama Spanyol, Pablo Sarabia, gagal menyamakan kedudukan usai tendangannya dihalau kiper Maroko, Yassine Bounou. Pada kesempatan kedua, Hakim Ziyech berhasil menggandakan keunggulan Maroko, 2-0. Keunggulan Maroko bertambah usai Bounou menghalau sepakan Carlos Soler sebagai penendang kedua dari Timnas Spanyol. 

Namun, kesempatan Maroko untuk menggandakan keunggulan gagal usai bola sepakan Badr Benoun berhasil ditangkap Simon pada kesempatan ketiga. Sergio Busquets selaku penendang ketiga Spanyol justru gagal memanfaatkan kesempatna tersebut. Bonnou menepis tendangan kapten La Furia Roja tersebut. Maroko akhirnya berhasil memastikan langkah ke babak perempat final usai Achraf Hakimi menaklukan Simon pada kesempatan keempat tendangan penalti. 

Susunan Pemain: 

Maroko (4-3-3) Pelatih: Walid Regragui Kiper: Bounou Belakang: Hakimi, Aguerd, Saiss, Mazraoui Tengah: Ounahi, Amrabat, Amallah Depan: Ziyech, En-Nesyri, Boufal 

Spanyol (4-3-3) Pelatih: Luis Enrique Kiper: Simon Belakang: Alba, Laporte, Rodri, Llorente Tengah: Pedri, Busquets, Gavi Depan: Olmo, Asensio, Torres

Baca juga : Sederet Alasan Rendahnya Tingkat Keberhasilan Tendangan Penalti di Piala Dunia 2022

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
piala dunia 2022 piala dunia 2022 qatar babak 16 besar Piala Dunia 2022 maroko vs spanyol timnas maroko pelatih maroko timnas spanyol pelatih spanyol sejarah baru piala dunia sejarah piala dunia maroko lolos perempat final perempat final piala dunia 2022 world cup 2022 16 besar piala dunia
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya