Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Stok Pangan Sumatera Selatan Aman Jelang Natal dan Tahun Baru

Rabu 07 Dec 2022 02:40 WIB

Red: Nora Azizah

Seorang pedagang sayur menunggu pelanggan di pasar tradisional.

Seorang pedagang sayur menunggu pelanggan di pasar tradisional.

Foto: EPA-EFE/ADI WEDA
Stok pangan di Sumatera Selatan aman hingga Februari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Sumatera Selatan memastikan stok bahan pangan di wilayah ini aman dalam jumlah yang cukup selama periode Natal 2022-Tahun Baru 2023. Kepala Satgas Pangan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan Kombes Pol Barly Ramadhany, di Palembang, Selasa (6/12/2022), mengatakan, kecukupan stok tersebut didapat berdasarkan pantauan tim Satgas ke sejumlah pasar di 17 kabupaten kota dan produsen pangan. Bahan pangan tersebut diantaranya mencakup beras, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai, telur dan minyak goreng.

"Semua barang kebutuhan pokok itu kami pastikan cukup bahkan hingga bulan Februari 2023,"kata Barly.

Baca Juga

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan Ahmad Rizali menjelaskan pihaknya mencatat barang kebutuhan pokok itu dalam keadaan cukup terhitung mulai dari Desember 2022 hingga pertengahanFebruari 2023.

Stok bahan pangan seperti beras dan kedelai masing-masing mencapai 60.000 ton, baik dari gudang penyimpanan Bulog dan beberapa produsen di Sumsel. Kemudian, bawang merah dan bawang putih tersedia 300.000 ton per bulan atau total 900.000 ton.

Untuk telur, meski tidak bisa diprediksi secara pasti, tim Satgas memastikan setiap produsen didorong mampu mendistribusikan pasokan telur ke pasar-pasar di setiap 17 kabupaten kota, setidaknya mencapai 100 lebih peti kayu per tiga hari.

"Begitu juga dengan minyak goreng, kita pastikan tiga produsen yakni perusahaan SAP, Sania dan Tunas Baru Lampung aman sampai pertengahan Februari 2023,? imbuhnya.

Selain itu, tim Satgas memastikan harga setiap barang kebutuhan pokok itu terjangkau oleh masyarakat, meskimengalami kenaikan rata-rata 5 persen.

"Kenaikan tertinggi rata-rata 5 persen dari sebelumnya selama sepekan ini yang diprakirakan berlangsung hingga sebulan ke depan dan selebihnya relatifstabil sudah ada komitmen produsen, distributor dan Satgas," kata dia.

Di Pasar Tradisional Soak Batok, Palembang, harga beberapa bahan pangan per Selasa, terpantau bawang merah sebesar Rp30.000 per kilogram, bawang putih Rp20.000 per kilogram, telur ayam Rp27.000 per kilogram, beras medium Rp10.000 per kilogram dan beras premium Rp12.000 per kilogram.

Kenaikan harga disebabkan mulai banyaknya permintaan dari masyarakat, khususnya untuk tujuh komoditas pangan menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2023.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA