Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Mayoritas Suara Kader PAN Daerah Rekomendasikan Erick Thohir Cawapres

Selasa 06 Dec 2022 18:43 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat acara peluncuran bakal calon legislatif PAN se-Jawa Tengah di Semarang, Jumat (2/12/2022).

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat acara peluncuran bakal calon legislatif PAN se-Jawa Tengah di Semarang, Jumat (2/12/2022).

Foto: Dok
Ketum PAN mengatakan Erick Thohir cawapres yang paling nyantol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir disebut-sebut menjadi calon wakil presiden (cawapres) primadona di kalangan arus bawah PAN untuk diusung pada pemilihan presiden (pilpres) 2024. Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan pun membenarkan jika para kader di berbagai wilayah Indonesia menginginkan agar partai berlambang matahari putih tersebut mengusung Erick Thohir.

"Mekanismenya kami akan memutuskan di DPP dan memang hampir semua wilayah begitu suaranya, usulan cawapres Mas Erick Thohir," kata pria yang karib disapa Zulhas usai menghadiri launching bacalon oleh DPW PAN Jawa Tengah di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (2/12/2022).

Zulhas yang juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan ini menjelaskan PAN dan Erick Thohir punya hubungan yang sangat dekat. Bahkan PAN berupaya menjodohkan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo bersama orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut.

Upaya perjodohan ini dilakukan saat acara pembekalan bacaleg PAN di Jateng belum lama ini. Kala itu, PAN menghadirkan Ganjar Pranowo bersama Erick Thohir yang disambut meriah oleh para kader dengan teriakan 'capres dan cawapres'. “Cawapresnya Pak Erick Thohir yang sudah sehari-hari sama saya, paling nyantol,” tutur Zulhas.

Di samping itu, orang nomor satu di PAN tersebut Erick Thohir masuk dalam kriteria pemimpin yang diinginkan oleh Presiden Jokowi. Di mana Presiden Jokowi mengajak para pendukungnya di GBK untuk memilih pemimpin yang bekerja nyata untuk masyarakat hingga memiliki kerutan di wajah.

Erick Thohir disebut sebagai menteri yang dekat dengan Presiden Jokowi. Berbagai penugasan diberikan kepada mantan presiden Inter Milan tersebut selalu berakhir dengan keberhasilan.

Seperti penanggulangan pandemi Covid-19 yang berhasil karena Erick Thohir mendatangkan jutaan vaksin. Bahkan kini ia berhasil memproduksi vaksin sendiri yakni IndoVac bersama Bio Farma. Begitu juga pemulihan ekonomi nasional yang berhasil berkat Erick Thohir menggalakkan kemudahan akses program KUR, Mekaar dan Makmur agar usaha masyarakat dapat bertahan.

“Pak Erick Thohir juga nggak kalah, kalau kerut-kerutan muka kayaknya Pak Erick Thohir tuh," tutup Zulhas.

Dengan ini, PAN semakin menguatkan posisi cawapres untuk Erick Thohir. Di mana pada Rakernas PAN pada 2020 lalu menetapkan bahwa penentuan capres cawapres diamanatkan kepada Zulhas.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA