Selasa 06 Dec 2022 18:24 WIB

Ketua Umum PSSI Berharap Lanjutan Putaran Pertama Kompetisi Liga 1 Lancar

Lebih dari 120 ribu orang menggantungkan diri dari kompetisi sepak bola Liga 1.

Ketua Umum PSSI Mochamad Irawan atau Iwan Bule melambaikan tangan.
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Ketua Umum PSSI Mochamad Irawan atau Iwan Bule melambaikan tangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap putaran pertama kompetisi Liga 1 2022/2023 berjalan lancar dan segenap aspek evaluasi yang dilakukan pihak keamanan dapat dipenuhi penyelenggara. Jika evaluasi yang dilakukan pihak keamanan memenuhi, kata dia, dimungkinkan putaran kedua kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu kembali pada format kandang-tandang (home-away).

Kompetisi Liga 1 2022/2023 yang sempat mandek imbas dari Tragedi Kanjuruhan, awal Oktober 2022 lalu, akhirnya kembali bergulir mulai 5 Desember ini setelah mendapatkan rekomendasi dari kepolisian.

Baca Juga

"Lebih dari 120 ribu orang menggantungkan diri dari sepak bola, baik itu ofisial, wasit, pemain, kitman, pelatih, hingga pelaku UMKM. Mereka hidup dari sepak bola," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, melalui pernyataan yang diterima di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Kembali bergulirnya Liga 1 pasca-Tragedi Kanjuruhan itu tak terlepas dari kegigihan Iwan Bule yang mampu berkomunikasi apik dan intensif dengan berbagai stakeholder, seperti Kemenkopolhukam, Kemenpora, Kemen PUPR, serta Mabes Polri, dan lembaga lainnya.

Lanjutan Liga 1 dengan sistem bubble itu sekaligus dapat menyesuaikan dengan dinamisnya peraturan-peraturan dari kepolisian yang akan diselaraskan mulai dari proses izin, pelaksanaan pertandingan hingga evaluasi.

Selain mampu menghidupi orang banyak, kata Iwan Bule, berputarnya kembali roda kompetisi sepak bola juga membantu para pemain yang akan membela timnas Indonesia dalam kondisi fit dan juga tetap berkembang setelah menjalani pemusatan latihan.

Apalagi, skuad Garuda pada sektor senior akan menghadapi AFF Mitsubishi Electric Cup 2022, Piala Asia U-20 2023, Piala Dunia U-20 2023, dan Piala Asia 2023.

Iwan Bule yang pernah menjadi Kapolda Metro Jaya itu juga mengecek langsung ke lapangan terkait komitmen PT Liga Indonesia Baru mulai menggelar laga lanjutan kompetisi dengan sistem "bubble".

Ada empat stadion telah ditunjuk PT LIB sebagai arena lanjutan Liga 1 2022-2023 sistem bubble ini, yakni Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Sultan Agung (Bantul) yang semuanya tanpa penonton.

Bergulirnya kembali Liga 1 itu terjadi setelah keluarnya izin dari kepolisian, serta pertemuan Menko Polhukam Mahfud MD, Menpora Zainudin Amali, dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin (5/12/2022) sore.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement