Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

13 Tips Menghadapi Ujian Semester Biar Gak Remedial

Rabu 07 Dec 2022 23:43 WIB

Red: Christiyaningsih

Salah satu tantangan bagi seorang pelajar adalah saat ujian semester tiba, entah itu Ujian Tengah Semester (UTS) maupun Penilaian Akhir Semester (PAS).

Salah satu tantangan bagi seorang pelajar adalah saat ujian semester tiba, entah itu Ujian Tengah Semester (UTS) maupun Penilaian Akhir Semester (PAS).

Foto: Pexels
Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghadapi ujian semester

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Salah satu tantangan bagi seorang pelajar adalah saat ujian semester tiba, entah itu Ujian Tengah Semester (UTS) maupun Penilaian Akhir Semester (PAS). Bagaimana tidak, pemahaman materi kamu selama satu semester lamanya bakal diuji saat itu. Ditambah lagi, kamu perlu berusaha semaksimal mungkin agar tidak perlu lagi menghadapi remedial.

Kalau kamu sendiri, apakah sudah siap menghadapi ujian tengah semester maupun akhir semester? Nah, biar persiapan kamu makin matang, yuk simak tips menghadapi ujian semester berikut ini!

Baca Juga

Ini Lho Tips Menghadapi Ujian Semester

Inilah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghadapi ujian semester. Yuk simak berikut ini dan baca artikelnya sampai selesai.

1. Mengatur Waktu Belajar yang Tepat

Tips menghadapi ujian semester pertama yang mesti kamu lakukan adalah menentukan waktu belajar yang tepat. Terlebih lagi, untuk kamu yang juga memiliki kesibukan lain, seperti kerja part time ataupun organisasi. Berikut adalah beberapa waktu belajar yang mungkin cocok untuk kamu.

  • Pukul 3-5 pagi, karena pada waktu tersebut otak kamu cenderung masih fresh dan minim adanya distraksi dari lingkungan sekitar.
  • Pukul 7 pagi sampai 11 siang merupakan waktu optimal bagi otak kamu untuk fokus. Jika sedang berada di sekolah, manfaatkan waktu belajar ini, ya!
  • Pukul 6-8 malam, karena di waktu tersebut otak kamu masih menyisakan energi yang dapat dikerahkan untuk belajar.
Gak cuma itu, kamu juga perlu menyelaraskan tubuh dan kinerja otak. Jadi, kamu gak asal belajar selama mungkin, tetapi juga perlu menyiapkan waktu untuk beristirahat. Selain itu, waktu optimal bagi otak kamu agar bisa tetap fokus saat belajar hanya sampai 30 menit saja. Dengan kata lain, setelah 30 menit, kamu perlu beristirahat sejenak agar otakmu bisa refresh.

2. Membangun Suasana Belajar yang Nyaman

Apakah kamu pernah bertanya-tanya, mengapa banyak orang yang belajar ataupun mengerjakan tugas di kafe? Memangnya belajar di rumah atau di kos tidak bisa? Tentunya, setiap orang mempunyai preferensi tempat belajar mereka masing-masing karena hal itu sangat berkaitan dengan suasana belajar. Bisa jadi, orang-orang yang gemar belajar di cafe dan sejenisnya disebabkan karena suasana di tempat tersebut lebih nyaman daripada tempat mereka tinggal. Contohnya jika berada di rumah, saat belajar mereka akan terganggu dengan orang lain yang berisik dan bikin kamu jadi gak bisa fokus.

Namun, kalau kamu anaknya mager buat keluar dan lebih suka belajar di rumah, maka kamu perlu melakukan beberapa penyesuaian. Contohnya adalah dengan merapikan meja belajar.

Soalnya, gak jarang kamu akan diterpa rasa malas lebih dulu ketika melihat meja belajar yang sudah seperti kapal pecah. Meskipun kedengarannya tidak berhubungan secara langsung, tetapi membangun suasana belajar yang membuat kamu nyaman juga termasuk tips menghadapi ujian semester yang harus terpenuhi.

3. Tips Belajar Menghadapi Ujian dengan Merangkum Materi

photo
Merangkum materi pelajaran merupakan salah satu tips belajar menghadapi ujian. - (Cottonbro Studio via Pexels)
 
Jika kamu kerap kesulitan saat belajar karena banyaknya materi yang harus dipelajari, maka kamu bisa coba merangkumnya dengan tulisan tangan terlebih dahulu. Bukan tanpa alasan, kebiasaan menulis juga dapat meningkatkan daya ingat kamu, lho! Ini bakal berguna banget buat kamu saat membaca ulang materi yang telah dirangkum karena pemahaman materi kamu pastinya akan lebih baik.

4. Jangan Hanya Menghapal

Tips menghadapi Ujian Tengah Semester selanjutnya adalah dengan berusaha semaksimal mungkin untuk memahami isi materi dengan baik. Salah satu hal yang patut kamu hindari adalah kecenderungan untuk sekadar menghafal materi, tanpa memahami betul isinya. Hal ini tentu gak baik jika kamu sedang bersiap untuk menghadapi ujian semester. Bayangkan jika kamu sudah menghafal materi tersebut, tapi tiba-tiba kamu lupa satu bagian, lalu justru semuanya jadi buyar.

Selain itu, jika kamu hanya menghafal, maka kemungkinan besar kamu bakal kebingungan jika materi tersebut ternyata tidak keluar dalam ujian. Hal tersebut tentu bakal berbeda jika kamu benar-benar paham dengan materi pelajarannya.

5. Belajar Kelompok Jika Perlu

Kalau kamu butuh teman diskusi, maka belajar kelompok bisa menjadi salah satu cara menghadapi ujian yang ideal. Terlebih lagi buat kamu yang sering mengalami kesulitan dalam mencerna penjelasan materi dari guru karena mungkin tidak sesuai dengan kamu. Nah, hal ini bisa kamu dapatkan ketika belajar kelompok dengan teman-temanmu. Kamu bisa mengajak mereka berdiskusi mengenai materi pelajaran yang belum kamu kuasai sembari “mencuri” ilmu mereka.

6. Meminimalisir Penggunaan Gadget

Tips menghadapi ujian semester yang satu ini sepertinya lumayan berat, deh. Soalnya, kamu terpaksa menjaga jarak dengan gadget kesayangan kamu. Penyebab utamanya adalah karena gadget merupakan salah satu distraksi paling kuat bagi kamu saat hendak mempersiapkan diri guna menghadapi ujian semester. Nyatanya, gadget memang bikin kamu jadi gak fokus belajar, makanya harus dijauhkan untuk sementara waktu.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA