Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Ini 11 Nama Calon Penggawa Timnas Basket 3x3 Putra

Selasa 06 Dec 2022 12:05 WIB

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pelatih Timnas 3x3 Raoul Miguel Hadinoto

Pelatih Timnas 3x3 Raoul Miguel Hadinoto

Foto: Instagram
Timnas 3x3 berupaya meraih prestasi internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Timnas Bolabasket 3x3 sudah kantongi 11 nama usai menggelar seleksi pada 1 dan 2 Desember 2022 di Playfield Palmerah, Jakarta Selatan. Mereka kemudian masuk latihan mulai Senin (5/12/2022) hingga Selasa (6/12/2022).

Mereka yang lolos seleksi adalah Patrick Nikolas (West Bandits Combiphar), Rio Disi (West Bandits Combiphar), M. Sandy Ibrahim Azis ( Satria Muda), Avan Seputra (Satria Muda), Laurentius Steven Oei (Satria Muda), Fernando Fransco Manangsang (Prawira Bandung), William Beckham Mamahit Pontoh (NSH Mountain Gold), Randy Ady Prasetya (Satya Wacana Salatiga), Leonardo Effendy (Dewa United), Jamarr Andre Johnson (Dewa United), dan Daffa Dhoifullah (Elang Pacific Caesar).

"Awalnya kita panggil 15 nama. Setelah showcase dua hari kami lakukan eliminasi jadi sebelas. Tapi tidak menutup kemungkinan pemain yang 15 kami pantau juga. Tidak menutup kemungkinan nanti mungkin bakal tambah pemain juga," ungkap Pelatih Timnas 3x3 Raoul Miguel Hadinoto.

Baca juga : Pelatih Portugal tak Senang Perilaku Ronaldo Saat Digantikan Lawan Korsel

Pelatih yang karib disapa Ebos ini menjelaskan, untuk empat pemain yang tidak masuk dua di antaranya dicoret. Mereka adalah Muhammad Rizky Ari Daffa (Bumi Borneo) dan Restu Dwi Purnomo (Bima Perkasa). Kemudian untuk Lester Prosper dan Serigne Modou Kane belum hadiri seleksi karena masih diperlukan timnya. Lester main di klub Liga Filipina sementara Modou bersama Indonesia Patriots.

Dikatakan Ebos, training center Timnas 3x3 seharusnya berlangsung hingga 9 Desember untuk tahap pertama ini. Namun, durasinya harus dipercepat hanya dua hari yakni 5 dan 6 Desember karena pemain dibutuhkan klub untuk persiapan kompetisi IBL Indonesia 2023.

"Mestinya kan sampai tanggal 9 cuma saya rasa sampe (selasa, 6 Desember) karena terlalu berisiko mengingat pekan ini kan awal sparing semua tim IBL, jatah dari IBL tiga pekan ke depan. Jadi mulai pekan ini mereka ada yang sparing 2-3 kali setiap tim, yang dari daerah juga datang ke Jakarta. Itu semua high intense," kata dia.

Baca juga : Roy Keane Kecam Selebrasi Brasil Saat Bantai Korsel, Disebut Buat Siapapun Bisa Meradang

Meski Training Center distop sementara, Coach Ebos mengaku tetap akan sibuk. Ini karena dia akan memantau pemain selama kompetisi. Dia sudah memegang semua data pemain yang akan dipantau selama IBL.

Lalu seperti apa tipe pemain yang dibutuhkan? "Yang pasti yang mau jaga, bisa nembak. Itu yang paling penting, kalau enggak, ya percuma. Apalagi di 3x3 itu mereka main 3-4 kali dengan recovery cuma 30 menit, itu rentan cederanya gede banget. Jadi yang paling penting itu pemain memiliki fisik bagus, recovery bagus, nah dari situ tinggal skill dan chemistry," ujar dia.

Ebos mengaku, dalam pemilihan pemain terbantu dengan regulasi. Ini karena SEA Games 2023 di Kamboja nanti setiap kontingen dibebaskan memakai pemain naturalisasi.

"Untuk naturalisasi kelihatannya bebas, untuk di Kamboja. Soalnya sama aja kayak Vietnam. Kemarin kan Vietnam semua naturalisasi. Sekarang mungkin kami akan pakai juga," tegas Ebos yang sangat berharap bisa persembahkan emas di SEA Games Kamboja nanti.(Fitriyanto)

 

Daftar 11 Nama Timnas 3x3

Patrick Nikolas (West Bandits Combiphar)

Rio Disi (West Bandits Combiphar)

M. Sandy Ibrahim Azis ( Satria Muda)

Avan Seputra (Satria Muda)

Laurentius Steven Oei (Satria Muda)

Fernando Fransco Manangsang (Prawira Bandung)

William Beckham Mamahit Pontoh (NSH Mountain Gold)

Randy Ady Prasetya (Satya Wacana Salatiga)

Leonardo Effendy (Dewa United)

Jamarr Andre Johnson (Dewa United)

Daffa Dhoifullah (Elang Pacific Caesar)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA