Selasa , 06 Dec 2022, 04:32 WIB

Livescore Piala Dunia: Brasil Pecundangi Korea Selatan 4-1

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi / Red: Ratna Puspita
Para pemain Brasil merayakan gol ke gawang Korea Selatan.
Foto EPA-EFE/Noushad Thekkayil

Para pemain Brasil merayakan gol ke gawang Korea Selatan.

Selanjutnya, Brasil akan menghadapi Kroasia yang menang lawan Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Brasil berhasil mempermalukan Korea Selatan pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar di Stadium 974, Doha, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB. Brasil mempecundangi Korea Selatan dengan kemenangan 4-1 di babak 16 besar. Selanjutnya, Brasil akan menghadapi Kroasia yang menang lawan Jepang.

Brasil dengan cepat memetik keunggulan di menit ke-7. Berawal dari Raphinha yang melakukan pekerjaan luar biasa di sayap kanan untuk masuk kotak penalti, kemudian melepaskan umpan tarik ke sisi kiri. Vinicius yang berdiri tanpa penjagaan mengambil jeda sebelum melepaskan tembakan melewati beberapa pemain Korea.

Baca Juga

Tak lama berselang, Brasil mendapatkan hadiah penalti di menit ke-12 dari pelanggaran terhadap Richarlison di kotak. Neymar dengan tembakan mendatar ke sisi kanan berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0. Neymar kini tinggal satu gol lagi untuk menyamai rekor Pele sebagai pencetak gol terbanyak Brasil.

Di samping itu, peluang juga dimiliki Korea Selatan dari tembakan jarak jauh Hwang Hee-chan di menit ke-17. Tapi percobaan tepat sasaran ke sudut kanan atas gawang masih dapat ditepis keluar oleh Alisson. Korea terus mencoba membangun serangan tapi gagal menyusul beberapa pertahanan yang bagus dari Militao.

Korea semakin tertinggal saat kerja sama lini depan Brasil mengacak-acak pertahanan mereka di kotak penalti. Permainan satu sentuhan dari Richarlison kepada Raphael kemudian ke Thiago Silva lalu kembali kepada Richarlison, berhasil menembus pertahanan Korea. Richarlison pun melakukan penyelesaian yang baik untuk membawa Brasil unggul 3-0.

Di menit ke-36, Lucas Paqueta memperlebar kedudukan menjadi 4-0. Brasil melancarkan serangan balik cepat dari sisi kiri. Vinicius Junior memberikan umpan sialng ke kanan. Paqueta yang datang dari belakang langsung melepaskan tembakan dari sentuhan pertamanya.

Brasil hampir menambah keunggulan mereka di menit-menit akhir babak pertama dari serangan balik. Tapi Kim Seung-gyu melakukan penyelamatan penting dari sontekan Lucas Paqueta ke tiang jauh. Skor 4-0 bertahan hingga turun minum. 

Korea punya peluang memperkecil ketertinggalan mereka di awal babak kedua. Itu terjadi saat Son menerima umpan di sisi kiri dan berhasil melewati penjagaan Marquinhos. Namun tembakan Son ke tiang jauh masih melebar ke sisi kiri gawang. 

Di menit ke-54, Brasil kembali menekan pertahanan Korea Selatan. Juara Piala Dunia lima kali tidak terlihat mengendurkan agresifitas mereka meskipun dengan keunggulan empat angka tanpa balas. Raphinha melepaskan tembakan tepat sasaran tapi Kim Seung-gyu melakukan penyelamatan penting. Richarlison kemudian menarik bola ke belakang untuk Vinicius namun gagal.

Kemelut sempat terjadi di mulut gawang Brasil pada menit ke-69. Tembakan dari Hwang berhasil diblokir oleh bek, kemudian percobaan susulan dari Son Heung-min juga diblokir pemain Brasil sebelum akhirnya bola keluar lapangan. Korea hanya bisa memperkecil kekalahan dengan gol Paik Seung-Ho dari bola mati. Pertandingan berakhir dengan skor 4-1 untuk Brasil. 

Baca juga : Pelatih Portugal tak Senang Perilaku Ronaldo Saat Digantikan Lawan Korsel

Kemenangan ini memastikan tempat Brasil di perempat final Piala Dunia 2022. Pada babak delapan besar itu, kemenangan Brasil telah dinantikan oleh Kroasia yang telah menaklukkan Jepang melalui adu penalti. Di sisi lain, dengan ini tidak ada lagi tim yang akan mewakili Asia di perempat final.

Starting XI kedua tim:

Brasil (4-2-3-1): Alisson; Militao, Silva, Marquinhos, Danilo; Casemiro, Lucas Paqueta; Neymar, Vinicius Jr., Raphinha; Richarlison

Korea Selatan (4-2-3-1): Kim Seung-gyu; Kim Jin-su, Kim Young-gwon, Kim Min-jae, M. H. Kim; Jung Woo-young, Hwang In-beom; Son Heung-min, Lee Jae-sung, H. Hwang; Cho Gue-sung 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
brasil brasil vs korea selatan piala dunia 2022 piala dunia 2022 qatar world cup 2022 timnas brasil timnas korea selatan brasil vs korsel
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya