Friday, 12 Rajab 1444 / 03 February 2023

Dongkrak Minat Generasi Milenial untuk Bertani, Ogan Ilir Punya Program Petani Muda

Senin 05 Dec 2022 22:06 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar secara resmi meluncurkan program unggulan daerah di bidang pertanian yaitu “Petani Muda Ogan Ilir Bangkit” di Indralaya, Ogan Ilir, Sumatra Selatan, Senin (5/12/2022)

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar secara resmi meluncurkan program unggulan daerah di bidang pertanian yaitu “Petani Muda Ogan Ilir Bangkit” di Indralaya, Ogan Ilir, Sumatra Selatan, Senin (5/12/2022)

Foto: Dok Istimewa
Organ Ilir meluncurkan Program Petani Muda Ogan Ilir Bangkit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar secara resmi meluncurkan program unggulan daerah di bidang pertanian yaitu “Petani Muda Ogan Ilir Bangkit” di Indralaya, Ogan Ilir, Sumatra Selatan, Senin (5/12/2022).   

Pada tahun ini, program 'Petani Muda Ogan Ilir Bangkit' mengusung tema Menjadi Agrotechnopreneur, Bertalenta digital, dan Berbasis Kearifan Lokal. 

Baca Juga

Panca mengatakan, progam ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kompetensi generasi muda di bidang pertanian di Kabupaten Ogan Ilir. Program unggulan ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bersama gerakan Aku Petani Indonesia.   

Panca menjelaskan, peluncuran program Petani Muda Ogan Ilir Bangkit merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan sebelumnya yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, yaitu identifikasi minat dan penjaringan petani muda di semua desa yang tersebar di 16 Kecamatan.  

Dari penjaringan yang dilakukan di setiap desa, kata dia, program ini telah menjaring 400 praktisi pertanian muda yang memiliki semangat besar dalam mendukung visi bupati untuk memajukan sektor pertanian di Kabupaten Ogan Ilir. 

"Kegiatan ini merupakan wujud mempersiapkan petani muda yang memiliki standar kompentensi dengan dukungan kurikulum yang disusun Aku Petani Indonesia," ujar Panca.  

Adapun kurikulum yang diberikan secara intensif, kata dia, menyangkut topik mengenai budidaya pertanian berkelanjutan, teknologi mesin pascapanen, entrepreneurship, leadership, desain, dan branding produk-produk pertanian. 

Dia berharap program Petani Muda Ogan Ilir Bangkit dapat meningkatkan minat generasi muda di Kabupaten Ogan Ilir untuk bisa berkarya di bidang pertanian.  “Bisa menjadi petani maupun pengusaha di bidang pertanian,” terangnya. 

Lebih lanjut, program Petani Muda Ogan Ilir Bangkit 2022 ini nantinya akan berkelanjutan, sehingga dapat mewujudkan Ogan Ilir Bangkit melalui aktivitas ekonomi yang dihasilkan oleh para petani muda.    

Founder Aku Petani Indonesia, Adhitya Herwin Dwiputra, mengatakan Program Petani Muda Ogan Ilir Bangkit 2022 ini nantinya akan melahirkan petani muda yang memiliki kompetensi budidaya yang baik, mampu menerapkan teknologi tepat guna di bidang pertanian serta memiliki jiwa entrepreneurship. 

Dia menyebutkan komitmen Aku Petani Indonesia untuk mengawal regenerasi petani di Indonesia, khususnya petani muda dengan kompetensi Agrotechnopreneur.

Aku Petani Indonesia juga berupaya untuk mensukseskan program Petani Muda Ogan Ilir Bangkit 2022 melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan. 

"Pendampingan dilakukan dari dari tim Aku Petani Indonesia yang memiliki keahilan di bidang budidaya, teknologi pertanian, branding dan entrepreneurship," tutur dia.   

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA