Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Gebrakan Erick Mentransformasi Sarinah Jadi Pilar Kebangkitan Industri Wisata

Senin 05 Dec 2022 21:16 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Menteri BUMN Erick Thohir di gedung Sarinah, Jakarta.  Pelaku industri pusat perbelanjaan memberi apresiasi tinggi atas langkah pemerintah dalam mendorong kebangkitan industri pariwisata pasca-pandemi Covid-19. Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menilai bukti peran pemerintah itu terlihat nyata lewat gebrakan Kementerian BUMN dalam membangkitkan pusat perbelanjaan lewat transformasi Sarinah.

Menteri BUMN Erick Thohir di gedung Sarinah, Jakarta. Pelaku industri pusat perbelanjaan memberi apresiasi tinggi atas langkah pemerintah dalam mendorong kebangkitan industri pariwisata pasca-pandemi Covid-19. Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menilai bukti peran pemerintah itu terlihat nyata lewat gebrakan Kementerian BUMN dalam membangkitkan pusat perbelanjaan lewat transformasi Sarinah.

Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
APBI menilai peran Erick terlihat nyata dalam bangkitkan pusat belanja Sarinah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaku industri pusat perbelanjaan memberi apresiasi tinggi atas langkah pemerintah dalam mendorong kebangkitan industri pariwisata pasca-pandemi Covid-19. Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menilai bukti peran pemerintah itu terlihat nyata lewat gebrakan Kementerian BUMN dalam membangkitkan pusat perbelanjaan lewat transformasi Sarinah. 

Langkah yang diinisiasi Menteri BUMN Erick Thohir itu dinilai sangat penting dalam membangkitkan gairah masyarakat dalam menghidupkan kembali industri pusat perbelanjaan yang babak belur sepanjang pandemi. 

Ketua APPBI Alphonzus Widjaja menilai transformasi Sarinah adalah bentuk langkah konkret yang mampu membangkitkan ikon pusat perbelanjaan nasional. Alphonzus memuji langkah Erick yang dinilai jitu dan visioner dalam proses transformasi Sarinah itu.

"Intuisi Beliau sebagai pengusaha yang sukses telah mampu memberikan solusi bagi perubahan dan kemajuan Sarinah," ujar Alphonzus pada Senin (5/12).

 

Bos grup Sinarmas Land ini juga menilai bahwa Sarinah menjadi contoh bagi seluruh pusat perbelanjaan nasional untuk adaptif, namun tidak melupakan karakteristik budaya nasional. 

"Transformasi Sarinah adalah merupakan contoh nyata bagaimana Pusat Perbelanjaan merespon perubahan gaya hidup masyarakat yang sudah lama terjadi," ujar Alphonzus. 

Sebagai pusat perbelanjaan pertama di Indonesia, Sarinah adalah ikon nasional. Tidak hanya sebagai tempat perbelanjaan yang menghadirkan wisata berbelanja, konsep Sarinah baru juga kental dengan unsur edukasi serta sejarah. 

Konsep unik Sarinah ini yang mampu menyedot atensi luas publik dalam dan luar negeri. Hanya dalam hitungan bulan setelah transformasi yang berlangsung sejak era pandemi itu, Sarinah mampu mencatatkan angka pengunjung hingga lima juta orang. Catatan ini yang dinilai APPBI sangat penting bagi industri secara umum. 

Alphonzus pun memuji Erick Thohir yang sejak awal memimpin usaha besar kebangkitan pusat perbelanjaan nasional itu. 

"Beliau (Erick) yang mendorong dan sekaligus memimpin tim dalam keberhasilan transformasi Sarinah," kata Alphonzus.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA