Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Nyeri Dada tak Selalu Jadi Gejalanya, Ini Tanda Anda Kena Serangan Jantung Tanpa Disadari

Selasa 06 Dec 2022 00:30 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Nyeri dada (ilustrasi). Nyeri dada merupakan salah satu gejala serangan jantung. Meski begitu, tidak semua penderita serangan jantung akan mengalami nyeri dada.

Nyeri dada (ilustrasi). Nyeri dada merupakan salah satu gejala serangan jantung. Meski begitu, tidak semua penderita serangan jantung akan mengalami nyeri dada.

Foto: www.freepik.com.
Serangan jantung tak selalu hadir dengan rasa nyeri di dada.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sering kali, sensasi serangan jantung dianggap akan memberikan rasa yang sangat sakit dan parah. Padahal, ternyata tandanya justru dapat tidak "disadari".

Serangan jantung adalah keadaan darurat medis yang terjadi ketika suplai darah ke jantung tersumbat, biasanya oleh gumpalan. Meskipun tanda serangan jantung yang paling umum adalah nyeri dada, hal ini tidak selalu dialami setiap orang.

Baca Juga

Bagi sebagian orang, mereka bisa mengalami serangan jantung bahkan tanpa menyadarinya. Seorang penyintas serangan jantung membagikan kisahnya melalui Chest Heart and Strok Scotland (CHSS).

Dalam sebuah studi kasus, seorang pengemudi truk berusia 62 tahun, John, menjelaskan satu-satunya gejala yang dialaminya berlangsung "beberapa menit". Dia berpikir serangan jantung akan terasa seperti palu godam menghantam dada, di mana rasa sakitnya begitu hebat sehingga mencengkeram dada dan jatuh ke lantai.

Tapi nyatanya dia hanya merasa panas dan berkeringat selama beberapa menit. Saat itu, John sedang mengemudi di sepanjang A9 di Skotlandia.

"Itu adalah perasaan yang belum pernah saya alami sebelumnya," kata dia, seperti dikutip dari Express.co.uk, Senin (5/12/2022).

John menepi dan beristirahat selama 20 menit sebelum melanjutkan perjalanan setelah merasa "baik-baik saja". Meski menjalani pemeriksaan kesehatan tidak lama kemudian, baru setahun setelahnya seorang dokter mengungkapkan kondisi yang dialami John ternyata adalah serangan jantung.

Selain itu, masih ada gejala serangan jantung lainnya yang mungkin tidak kentara. Menurut CHSS, gejalanya bisa termasuk perasaan atau sedang sakit, terlihat pucat dan umumnya merasa tidak sehat serta takut.

Tanda paling umum dari serangan jantung adalah nyeri dada yang tidak kunjung sembuh, yang mungkin terasa seperti tekanan, sesak atau diremas. Sensasinya sering dimulai di tengah dada dan dapat menjalar ke leher, rahang, telinga, lengan, atau pergelangan tangan.

Meskipun ini adalah tanda yang paling umum, tidak semua orang mengalaminya. Gejala lain yang mungkin mengindikasikan seseorang mengalami serangan jantung meliputi:

- Nyeri di leher, rahang, punggung bawah, lengan kiri, atau bawah kedua lengan

- Merasa berkeringat dan lembap

- Gelisah atau kecemasan

- Merasa sesak napas

- Merasa pusing.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA