Senin , 05 Dec 2022, 04:04 WIB

Cukur Senegal, Inggris Tantang Prancis di Babak Perempat Final

Rep: Reja Irfa Widodo / Red: Andri Saubani
Pemain tim inggris merayakan gol Jordan Henderson pada laga babak 16 besar antara Inggris dan Senegal, di Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar, Ahad (4/12/202) malam.
Foto AP/Petr David Josek

Pemain tim inggris merayakan gol Jordan Henderson pada laga babak 16 besar antara Inggris dan Senegal, di Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar, Ahad (4/12/202) malam.

Inggris menang 3-0 atas Senegal pada babak 16 besar Piala Dunia 2022.

REPUBLIKA.CO.ID,  AL KHOR -- Inggris sukses melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022. Di babak 16 besar, The Three Lions mampu menyingkirkan Senegal dengan kemenangan menyakinkan, 3-0, Senin (5/12/2022) dini hari WIB. Kemenangan The Three Lions dalam laga di Stadion Al Bayt, Al Khor, itu diraih via gol dari Jordan Henderson, Harry Kane, dan Bukayo Saka.

Dengan hasil ini, Inggris akan menantang juara bertahan Piala Dunia, Prancis, di babak perempat final. Di laga babak 16 besar lainnya, Prancis juga mampu memetik kemenangan menyakinkan, tepatnya kala membungkam Polandia, 3-1, Ahad (4/12/2022) malam WIB.

Baca Juga

Rencananya, duel Inggris kontra Prancis, Ahad (11/12/2022) dini hari WIB mendatang. Inggris mampu mengambil alih kendali permainan pada awal laga di Stadion Al Bayt, Al Khor, tersebut.

Dengan penguasaan bola mencapai 63 persen, tim besutan Gareth Southgate itu terus melancarkan serangan ke jantung pertahanan Senegal. Di sisi lain, The Lions of Teranga berusaha untuk tetap tenang dan mencoba berbalik mengancam via serangan balik cepat.

Namun, Senegal justru terlihat lebih efektif dalam memberikan ancaman ke gawang The Three Lions. Salah satunya pada menit ke-32 saat Ismaila Sarr melepaskan sepakan dari sudut sempit di sisi kanan gawang Inggris.

Beruntung, Jordan Pickford masih bisa menghalau sepakan Sarr tersebut. Inggris akhirnya benar-benar menjadi tim pertama yang mampu mencetak gol di laga ini.

Berawal dari serangan yang dibangun di sisi kanan pertahanan Senegal, The Three Lions sukses mencatatkan keunggulan via gol Jordan Henderson pada menit ke-38. Gelandang Liverpool itu memanfaatkan sodoran umpan tarik dari Jude Bellingham.

Bola sepakan Henderson itu meluncur mulus ke seelah kiri gawang Senegal, tanpa bisa dijangkau penjaga gawang Edouard Mendy. Namun, ini bukan satu-satunya gol pada babak pertama. Pada menit terakhir masa injury time, finalis Euro 2020 itu sukses menggandakan keunggulan.

Sebuah serangan balik cepat berhasil diakhiri Harry Kane dengan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Ini menjadi gol pertama Kane di pentas Piala Dunia 2022 sekaligus menjadi penutup babak pertama laga ini.

Tertinggal dua gol di babak pertama, pelatih Senegal, Aliou Cisse, langsung melakukan tiga pergantian pemain sekaligus pada awal pergantian babak. Namun, belum sempat mengembangkan permainan, Senegal malah kembali tertinggal, tepatnya pada menit ke-57.

Kali ini, giliran Bukayo Saka yang menambah keunggulan Inggris. Winger Arsenal itu menaklukan Mendy dengan sebuah tendangan cip di dalam kotak penalti. Saka sukses memaksimalkan umpan tarik mendatar dari Phil Foden, yang dilepaskan dari sisi kanan pertahanan kampiun Piala Afrika 2021 tersebut.

Upaya Senegal untuk bisa mencetak gol pun selalu kandas. Dari delapan tembakan yang dilepaskan para penggawa Senegal hingga penghujung babak kedua, hanya satu tembakan yang tepat mengarah ke gawang Inggris.

Baca juga : Proyek Jangka Panjang Sepak Bola Jepang dan Mimpi Kapten Tsubasa

The Three Lions terbukti mampu tampil begitu solid, tidak hanya di lini belakang, tapi juga di lini tengah. Soliditas permainan dan menjaga organisasi permainan ini pun tetap terjaga saat pelatih Gareth Southgate melakukan perubahan personel, termasuk kala Mason Mount masuk menggantikan Bellingham dan Eric Dier menggantikan John Stones.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
inggris vs senegal timnas inggris piala dunia 2022 piala dunia qatar piala dunia 2022 qatar world cup 2022
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya