Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Polda Metro Jaya akan Segera Sampaikan Kesimpulan Kasus 4 Jenazah Kalideres    

Ahad 04 Dec 2022 22:36 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Nashih Nashrullah

Polisi keluar dari TKP penemuan empat jasad di Perumahan Citra Grand Extension, Kalideres, Jakarta, Rabu (16/11/2022). Tim gabungan dari Inafis Polri, Puslabfor Bareskrim Polri, Dokter Forensik, Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Barat melakukan olah TKP untuk menyelidiki kasus penemuan empat jasad yang tewas mengenaskan. Republika/Putra M. Akbar

Polisi keluar dari TKP penemuan empat jasad di Perumahan Citra Grand Extension, Kalideres, Jakarta, Rabu (16/11/2022). Tim gabungan dari Inafis Polri, Puslabfor Bareskrim Polri, Dokter Forensik, Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Barat melakukan olah TKP untuk menyelidiki kasus penemuan empat jasad yang tewas mengenaskan. Republika/Putra M. Akbar

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Polisi sudah menemukan titik terang kematian satu keluarga di Kalideres

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —  Polda Metro Jaya bakal menyampaikan hasil dari penyelidikan kasus satu keluarga yang ditemukan tewas di sebuah rumah di Kalideres, Jakarta Barat, dalam waktu dekat atau sebelum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Polda Metro Jaya. Polda Metro Jaya sendiri akan merayakan hari jadinya pada Selasa (6/12/2022) nanti.  

 

Baca Juga

"Kesimpulan kasus Kalideres diupayakan sebelum HUT Polda Metro Jaya, hari puncaknya kan tanggal 6 tuh," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam keterangannya, Ahad (4/12/2022). 

 

Lanjut Zulpan, sebelum disampaikan ke publik, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran akan mengumpulkan para ahli terlebih dulu. 

 

Hal itu dilakukan untuk mendengarkan keterangan mereka terkait kasus satu keluarga tewas ini. Kemudian nantinya, sambung Zulpan, pertemuan Polda Metro Jaya akan mengambil kesimpulan mengenai kasus yang sempat menggegerkan tersebut. 

 

“Pak Kapolda nanti ingin para tim ahli dikumpulkan dan berbicara sesuai keahliannya baru nanti penyidik memberikan kesimpulan, belum sekarang," jelas Zulpan. 

 

Sebelumnya, Penyidik Polda Metro Jaya telah memeriksa 28 saksi dalam kasus kematian satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat. Hasilnya ada kesamaan antara keterangan saksi dengan barang bukti yang disita di tempat kejadian perkara (TKP). Namun hingga saat ini penyidik masih mendalami penyebab kematian empat orang tersebut. 

 

“Sampai sekarang masih menanti pemeriksaan dari tim ahli dari kedokteran forensik gabungan dari kedokteran forensik Polri maupun dari RSCM, UI untuk mencari sebab pasti dari pada kematian ini,” tutut Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi, Hengki Haryadi. 

 

Namun, Hengki mengatakan, kecil kemungkinan jika keempat orang yang tewas mengering di dalam rumah itu  tewas akibat adanya tindak pidana. 

 

Mengingat dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), penyidik tidak menemukan adanya tanda-tanda orang lain yang masuk ke dalam rumah tersebut. 

 

Kemudian pintu dan jenderal terkunci dari dalam rumah, sehingga tidak pihak luar yang masuk ke dalam rumah tersebut.

 

“Olah TKP tidak ditemukan adanya jejak-jejak adanya pihak luar masuk ke dalam rumah. Memang dikunci dari dalam dan tidak ada pihak luar yang masuk. Artinya sangat kecil kemungkinan adanya tindak pidana diluar dari pada kegiatan dilakukan oleh empat orang ini di dalam rumah,” kata Hengki. 

 

Kemudian, menurut Hengki, ada kesesuaian antara keterangan saksi orang-orang terdekat keluarga itu dan barang bukti yang merujuk pada suatu aktivitas ritual. 

 

Penyidik juga menemukan sejumlah mantra yang tertulis di sebuah kain dan kemenyan di rumah tempat keempat korban tewas. Hanya saja, Hengki tidak membeberkan bunyi mantra yang ditemukan yang ada di beberapa kain tersebut. 

 

"Memang ada kecenderungan salah satu dari pada anggota keluarga ini, yaitu atas nama Budyanto ini cenderung dominan dan memiliki sikap yang positif terhadap ritual-ritual tertentu," terang Hengki. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA