Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Menjadi Lulusan Terbaik, Kebanggan atau Beban?

Ahad 04 Dec 2022 17:20 WIB

Red: Hiru Muhammad

 Setyo Bagus Nugraha,  mahasiswa dari Program Studi S1 Ilmu Komputer Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi yang dilantik pada acara wisuda ke-15 Universitas BSI kampus Sukabumi, di Hotel Horison Sukabumi, pada Kamis (1/12/2022).

Setyo Bagus Nugraha, mahasiswa dari Program Studi S1 Ilmu Komputer Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi yang dilantik pada acara wisuda ke-15 Universitas BSI kampus Sukabumi, di Hotel Horison Sukabumi, pada Kamis (1/12/2022).

Foto: istimewa
Wisuda Universitas BSI kampus Sukabumi ini juga ditayangkan secara live streaming

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Menjadi lulusan dengan predikat terbaik tentunya menjadi impian semua mahasiswa. Namun disisi lain, tidak jarang orang menganggap jika ini merupakan beban moral yang tinggi. Hal ini juga yang dirasakan oleh Setyo Bagus Nugraha,  mahasiswa dari Program Studi S1 Ilmu Komputer Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi yang dilantik pada acara wisuda ke-15 Universitas BSI kampus Sukabumi, di Hotel Horison Sukabumi, pada Kamis (1/12/2022).

Selain itu, sebagai Kampus Digital Kreatif, gelaran wisuda Universitas BSI kampus Sukabumi ini juga ditayangkan secara live streaming melalui youtube BSITVOfficial. Pria yang akrab dipanggil Setyo ini, dinobatkan sebagai wisudawan terbaik dengan IPK 3.87. Ia merasa jika apa yang ia dapat ini merupakan kebanggaan sekaligus beban moral disaat yang bersamaan. 

Baca Juga

"Acara wisuda tertata dengan baik, saya juga merasa senang ketika mendapatkan predikat mahasiswa terbaik. Namun dibalik itu, saya juga menganggap jika ini merupakan beban yang harus saya tanggung. Orang pasti memiliki ekspektasi yang lebih terhadap saya," kata Setyo, Kamis (1/12/2022) dalam wawancara selepas pelantikan.

Lanjutnya, ia mengungkap jika semua wisudawan yang lulus memiliki beban yang sama, untuk bertanggung jawab atas gelarnya. Juga, bertanggung jawab untuk menjaga almamater kampus. Ia merasa beban dan tanggung jawab yang ia tanggung lebih besar dengan disematkannya predikat wisudawan terbaik. "Saya harap ilmu selama kuliah bisa bermanfaat serta tanggung jawab yang kami emban, sebagai alumni bisa kami jalankan dengan baik," katanya

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA