Ahad 04 Dec 2022 13:27 WIB

Tingkatkan Kemampuan Personel, Polres Purbalingga Gelar Pelatihan SAR

Sejumlah bencana alam berpotensi terjadi seperti banjir dan longsor di Purbalingga

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad
Polres Purbalingga menggelar pelatihan search and rescue (SAR) di Bumi Perkemahan Munjuluhur  Sabtu (3/12/2022).
Foto: Polres Purbalingga
Polres Purbalingga menggelar pelatihan search and rescue (SAR) di Bumi Perkemahan Munjuluhur Sabtu (3/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA - Dalam rangka peningkatan kemampuan personel, Polres Purbalingga menggelar pelatihan search and rescue (SAR). Kegiatan yang diikuti ratusan peserta ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Munjuluhur  Sabtu (3/12/2022).

Kabag SDM Polres Purbalingga Kompol Supriyanto mengatakan, hari ini digelar pelatihan SAR Darat bagi personel polres dan polsek jajaran. Kegiatan ini merupakan suatu program untuk memberikan bekal kemampuan personel Polres Purbalingga.

Baca Juga

"Kegiatan ini sebagai suatu program yang rutin dilaksanakan. Tujuannya memberikan bekal kemampuan serta meningkatkan keterampilan personel Polres Purbalingga dalam bidang SAR," ujar Kompol Supriyanto, Sabtu (3/12/22).

Ia menjelaskan bahwa situasi dan kondisi sekarang ini, sejumlah bencana alam berpotensi terjadi seperti banjir dan tanah longsor di Kabupaten Purbalingga. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan SAR ini diberikan untuk meningkatkan kemampuan personel Polres Purbalingga."Dengan pelatihan yang sudah diberikan diharapkan kemampuan personel dapat bertambah dan siap diperbantukan dalam proses penanganan apabila terjadi bencana alam," jelasnya.

Kabag SDM menambahkan, pelatihan dilaksanakan selama dua hari yaitu Sabtu - Ahad (3 - 4 Desember 2022). Sedangkan pengisi materi berasal dari Satsamapta Polres Purbalingga dan BPBD Kabupaten Purbalingga. "Untuk materi yang diberikan diantaranya medical first responden, teknik evakuasi, vertical rescue, tali temali dan simpul serta aplikasi di lapangan," ujarnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement