Ahad , 04 Dec 2022, 04:27 WIB

Federasi Sepak Bola Jerman Lirik Klopp Kandidat Terkuat Calon Pengganti Hansi Flick

Rep: Frederikus Bata / Red: Muhammad Akbar
Manajer Liverpool Fc Juergen Klopp berbicara pada konferensi pasca pertandingan selama pertandingan Standard Chartered Singapore Trophy 2022 antara Liverpool Fc dan Crystal Palace, di Singapura, Jumat, 15 Juli 2022. (AP Photo/Danial Hakim)
Foto AP/Danial Hakim

Manajer Liverpool Fc Juergen Klopp berbicara pada konferensi pasca pertandingan selama pertandingan Standard Chartered Singapore Trophy 2022 antara Liverpool Fc dan Crystal Palace, di Singapura, Jumat, 15 Juli 2022. (AP Photo/Danial Hakim)

Dua nama mendapat sorotan sebagai pengganti Hansi Flick

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Tim nasional Jerman gagal melangkah jauh di Piala Dunia 2022. Der Panzer tersingkir di fase penyisihan grup.

Skuat polesan Hansi Flick tergabung di Grup E bersama Spanyol, Jepang, serta Kosta Rika. Thomas  Mueller dan rekan-rekan finis di peringkat ketiga klasemen akhir. Itu membuat nasib Flick dalam bahaya.

Hasil kerjanya bakal dievaluasi. Ia akan tetap menangani Die Mannschaft setelah petualangan mereka di Qatar berakhir. Namun, eks juru taktik Bayern Muenchen itu bukan solusi jangka panjang untuk membuat timnasnya kompetitif lagi.

Lalu siapa yang akan menjadi pelatih Jerman setelah Flick? Dua nama mendapat sorotan. Pertama Thomas Tuchel. Berikutnya Juerghen Klopp.

Tuchel sedang nganggur setelah dipecat Chelsea FC. Pertanyaannya apakah ia bakal direkrut Federasi Sepak Bola Jerman (DFB). Rupanya tidak demikian.

"Presiden FA Jerman, Bernd Neuendorf telah menjadikan Klopp sebagai pilihan nomor satu untuk menjadi pelatih (Der Panzer) berikutnya," demikian laporan yang dikutip dari dailystar.co.uk, Ahad (4/12).

Klopp masih menangani Liverpool. Eks juru taktik Borussia Dortmund itu bermarkas di Stadion Anfield sampai Juni 2026. Masih lebih dari tiga tahun.

Namun masa depannya bersama the Reds mengalami ketidakpastian. Ini menyusul rumor klub akan dijual. Thiago Alcantara dan rekan-rekan juga sedang berjuang memperebutkan gelar musim ini.

"Neuendorf bersedia menunggu kapan pun untuk mendaratkan Klopp," tambah laporan dari dailystar.co.uk.

Lalu mengapa mereka tidak mengontrak Tuchel yang sedang kosong. Rupanya sang arsitek memiliki hubungan yang sulit dengan Federasi negaranya. Beberapa waktu lalu, ia mengkritik DBF.

Ia menilai asosiasi tersebut perlu  direstrukturisasi. Tuchel bahkan enggan melatih timnas Jerman, jika ada tawaran yang masuk, selama struktur DBF belum mengalami perubahan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Juergen Klopp Hansi Flick timnas Jerman piala dunia 2022
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya