Sabtu 03 Dec 2022 14:41 WIB

Kura-Kura Tertua di Dunia Bersiap Rayakan Ultah ke-190

Kura-kura raksasa Seychelles bernama Jonathan tinggal di Saint Helena sejak 1882

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Kura-kura raksasa tertua di dunia merayakan tiga hari pesta ulang tahunnya yang ke-190 selama akhir pekan ini.
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Kura-kura raksasa tertua di dunia merayakan tiga hari pesta ulang tahunnya yang ke-190 selama akhir pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMESTOWN - Kura-kura raksasa tertua di dunia merayakan tiga hari pesta ulang tahunnya yang ke-190 selama akhir pekan ini. Kura-kura raksasa Seychelles yang diberi nama Jonathan itu telah tinggal di Saint Helena sejak 1882.

Pesta tiga hari yang menyatukan penduduk dari seluruh pulau akan dimulai di rumah gubernur Saint Helena pada Jumat (3/12/2022). Pesta akan menyoroti "kue ulang tahun" untuk kura-kura dan video animasi tentang hidupnya.

Dia bahkan akan menikmati camilan dan mengobrol dengan gubernur dan istrinya, Emma. Sementara mereka yang menghadiri perayaan akan menerima sertifikat khusus, dapat membeli perangko terkait Jonathan, dan melihat pemenang kompetisi seni diluncurkan untuk merayakan ultah Jonathan.

Pada 1882, kura-kura tersebut tiba di Saint Helena sebagai hadiah untuk gubernur pulau kecil Atlantik selatan kala itu. Jonathan juga pernah meraih penghargaan dari Guinness World Records sebagai hewan darat tertua yang diketahui hidup dan chelonian tertua (sebuah ordo yang terdiri dari kura-kura dan terrapin) yang pernah tercatat.

Jonathan sempat dinikahkan pada 1991. Tetapi 26 tahun kemudian, kurangnya keturunan dijelaskan ketika pasangannya bernama Frederica ternyata, setelah diperiksa, adalah laki-laki.

Jonathan juga seorang selebritas lokal, selain menjadi daya tarik terkenal yang ditampilkan di balik koin lima pence lokal. Jonathan telah lama ditutupi keriput, dia sekarang juga buta karena katarak dan tidak memiliki indra penciuman.

Meskipun tanggal pasti kelahirannya masih belum diketahui, perkiraan menunjukkan dia menetas sekitar tahun 1832. Namun baru pada November tahun ini dia akhirnya diberikan ulang tahun resmi, 4 Desember 1832, oleh Nigel Phillips, gubernur wilayah luar negeri Inggris.

"Usia Jonathan adalah perkiraan berdasarkan fakta bahwa dia sudah dewasa sepenuhnya, dan karenanya setidaknya berusia 50 tahun, ketika dia tiba di Saint Helena dari Seychelles pada 1882. Kemungkinan besar, dia bahkan lebih tua dari kami pikir," kata Rekor Dunia Guinness dikutip laman Guardian, Sabtu (3/12/2022).

Usia Jonathan masih muda ketika Ratu Victoria naik tahta hingga saat ini ia menyaksikan fajar era teknologi. Namun Jonathan tidak bertemu dengan penduduk Saint Helena yang paling terkenal; jenderal Perancis Napoleon Bonaparte tiba di pulau itu pada tahun 1815 dan meninggal di sana enam tahun kemudian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement