Sabtu 03 Dec 2022 05:07 WIB

Gempa Terjadi di Pangandaran, Guncangan Terasa Sampai Tasikmalaya

Pusat gempa bumi berada di kedalaman 27 kilometer.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Gempa
Foto: Pixabay
Ilustrasi Gempa

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Gempa bumi terjadi di wilayah Kabupaten Pangandaran pada Sabtu (4/12/2022) sekitar pukul 03.37 WIB. Guncangan gempa bumi itu dirasakan hingga wilayah Kota Tasikmalaya. 

Menurut informasi dari akun Twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi itu memiliki parameter magnitudo 4,5. Pusat gempa bumi terletak di wilayah laut dengan koordinat 8.31 LS, 107.93 BT atau 92 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran. Pusat gempa bumi berada di kedalaman 27 kilometer. 

 

"Dalam beberapa menit pertama setelah gempa, parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belim akurat, kecuali tlh dianalisis ulang seismologist," tulis BMKG. 

 

Berdasarkan pengamatan Republika, guncangan gempa bumi yang berpusat di Kabupaten Pangandaran itu dirasakan hingga wilayah Kota Tasikmalaya. Guncangan gempa itu sempat membuat sejumlah barang di dalam rumah bergoyang. 

 

Namun guncangan gempa itu hanya terasa sekitar 3 detik. Setelah itu, tidak dirasakan kembali gempa susulan.

 

Sejumlah warga di Kabupaten Pangandaran juga merasakan guncangan gempa bumi tersebut. Namun, sejauh ini belum ada laporan lebih lanjut mengenai dampak gempa bumi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement