Sabtu 03 Dec 2022 06:25 WIB

Cuaca Hari Ini: Tujuh Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Petir Sabtu-Ahad

Hujan dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan longsor.

Ilustrasi Hujan. Cuaca Hari Ini: Tujuh Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Petir Sabtu-Ahad
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Hujan. Cuaca Hari Ini: Tujuh Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Petir Sabtu-Ahad

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- BMKG memprakirakan tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kaltim mengalami hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai dengan angin kencang pada Sabtu-Ahad (3-4/12/2022). Semua pihak diminta waspada terhadap dampaknya.

"Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar dapat dilakukan antisipasi guna meminimalisir dampaknya ke masyarakat. Adapun tujuh kabupaten/kota yang diprakirakan mengalami peristiwa itu Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Timur, Mahakam Ulu, Paser, Penajam Paser Utara Kutai Barat, dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Ia menjelaskan, untuk Balikpapan pada Sabtu dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, hujan petir terjadi di Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan Timur, Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Utara. Kabupaten Kutai Timur pada Jumat sekitar pukul 11.00 dan 14.00 Wita, hujan lebat dan hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Kaliorang, Muara Wahau, Busang, Kaubun.

Hujan petir di Kabupaten Mahakam Ulu diprakirakan terjadi pada Jumat sekitar pukul 11.00 di Kecamatan Long Bagun, pukul 17.00 di Kecamatan Long Bagun dan Laham. Kemudian sekitar pukul 20.00 Wita di Kecamatan Long Apari, Long Pahangai, Laham, dan Long Hubung, pukul 23.00 Wita hingga Sabtu dini hari sekitar pukul 02.00 Wita diprakirakan terjadi hanya di Kecamatan Laham.

Untuk Kabupaten Paser, antara lain pada Jumat sekitar pukul 20.00 wita, hujan petir terjadi di Kecamatan Tanah Grogot, Muara Komam, Batu Engau, Kuaro, Long Kali, dan Pasir Belengkong. "Pada Sabtu dini hari sekitar pukul 02.00 wita terjadi di Kecamatan Tanah Grogot, Batu Sopang, Muara Komam, Batu Engau, Kuaro, Long Ikis, Long Kali, Pasir Belengkong, dan Kecamatan Tanjung Harapan," ujar Carolina.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement