Friday, 12 Rajab 1444 / 03 February 2023

NFA dan Kantor Staf Presiden Gelar Food Truck Sosialisasikan Sorgum

Jumat 02 Dec 2022 22:00 WIB

Red: Gita Amanda

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) bersama Kantor Staf Presiden (KSP), serta didukung oleh Indonesian Chef Association (ICA), dan Sorgum Indonesia akan menggelar kegiatan Food Truck Sorghum, yang dimulai, pada Ahad (4/12/2022), di Car Free Day (CFD) Parkir Selatan, Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta.

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) bersama Kantor Staf Presiden (KSP), serta didukung oleh Indonesian Chef Association (ICA), dan Sorgum Indonesia akan menggelar kegiatan Food Truck Sorghum, yang dimulai, pada Ahad (4/12/2022), di Car Free Day (CFD) Parkir Selatan, Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta.

Foto: Badan Pangan Nasional
Kegiatan bertujuan untuk menyosialisasikan sorgum sebagai sumber pangan alternatif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka mendorong keanekaragaman konsumsi pangan serta mengenalkan dan meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap sumber pangan alternatif berbahan dasar sorgum, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) bersama Kantor Staf Presiden (KSP), serta didukung oleh Indonesian Chef Association (ICA), dan Sorgum Indonesia akan menggelar kegiatan Food Truck Sorghum, yang dimulai, pada Ahad (4/12/2022), di Car Free Day (CFD) Parkir Selatan, Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta.

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi, Jumat, (2/12/2022), di Jakarta, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan sorgum sebagai sumber pangan alternatif yang memiliki manfaat, nilai gizi, dan rasa yang sangat baik dan tidak kalah dari nasi dan sumber karbohidrat lainnya.

Baca Juga

“Dalam kegiatan tersebut kami ingin menyampaikan pesan bahwa sorgum merupakan sumber pangan yang potensial untuk dikembangkan di Indonesia serta dapat dihilirisasi dan diolah menjadi berbagai produk makanan sebagai sumber energi dan gizi masyarakat,” jelasnya.

Acara Food Truck Sorghum tersebut menggelar berbagai rangkaian kegiatan, diantaranya live cooking menu berbahan dasar sorgum bersama profesional chef dari ICA, didampingi Kepala NFA dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. “Dengan menggandeng ICA, diharapkan para chef semakin tertarik mengolah aneka kuliner berbahan sorgum, dengan begitu sorgum akan lebih dikenal masyarakat, sehingga membuka peluang pasar lebih luas dan dapat mendorong pengembangan pangan lokal ini lebih lanjut,” paparnya.

 

Selain itu, akan dilakukan pembagian makanan berbahan sorgum, seperti nasi goreng sorgum kepada masyarakat yang datang di lokasi CFD. Penyelenggara juga menyiapkan berbagai acara hiburan dan pembagian souvenir.

“Masyarakat yang hadir di acara Food Truck Sorghum besok dapat langsung mencicipi nasi goreng sorgum secara gratis, tentunya ini merupakan hal yang menarik dan akan memberikan pengalaman baru, karena makanan olahan sorgum saat ini masih sangat terbatas,” ujarnya.

Arief berharap, melalui gelaran ini masyarakat akan lebih mengenal dan aware dengan sorgum sebagai salah satu sumber pangan alternatif pengganti nasi dan gandum. Kegiatan ini, tambahnya, juga sebagai bagian dari kampanye gerakan: Kenyang Tidak Harus Nasi.

“Acara ini sepenuhnya gratis dan terbuka untuk umum. Kami mengajak masyarakat hadir di acara ini sambil mengisi akhir pekannya bersama keluarga. Mari kenali produknya dan nikmati menunya,” ajak Arief.

Upaya menyosialisasikan sorgum sebagai sumber pangan pengganti nasi dan gandum sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo. Presiden meminta agar sumber-sumber pangan lokal terus dikembangkan, sehingga mengurangi ketergantungan pada satu jenis komoditas pangan tertentu. Ia juga meminta agar kemandirian pangan di setiap daerah di berbagai wilayah Indonesia terus diperkuat.

Adapun kegiatan Food Truck Sorghum akan dilaksanakan selama 3 hari pada 4-6 Desember 2022, dengan mengambil titik lokasi yang berbeda. Pada 4 Desember dilaksanakan di CFD Parkir Selatan, GBK. Pada 5-6 Desember kegiatan serupa akan dilaksanakan di Stasiun Gambir dan Stasiun Manggarai.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA