Jumat 02 Dec 2022 21:20 WIB

Van Gaal Tertarik Tangani Timnas Belgia

Van Gaal menilai, Belgia semestinya bisa tampil lebih baik di Piala Dunia 2022.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Belanda Louis van Gaal bertepuk tangan.
Foto: AP/Natacha Pisarenko
Pelatih timnas Belanda Louis van Gaal bertepuk tangan.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Pelatih timnas Belanda, Louis van Gaal, mengaku terbuka dengan kemungkinan menukangi timnas Belgia pasca-gelaran Piala Dunia 2022. Kursi pelatih elgia memang tengah kosong pasca-pengunduran diri Roberto Martinez usai gagal mengantarkan De Rode Duivels melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Martinez mengumumkan pengunduran diri sebagai pelatih kepala timnas Belgia hanya berselang beberapa jam pasca-Kevin de Bruyne dan kawan-kawan ditahan imbang Kroasia, tanpa gol, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. Kegagalan memetik poin penuh di laga pamungkas penyisihan Grup F tersebut memastikan akhir kiprah Belgia di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Peringkat ketiga Piala Dunia 2018 itu hanya mampu memetik empat poin setelah mengemas satu kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan di tiga laga penyisihan Grup F. Belgia hanya terpaut satu poin dari Kroasia yang finis di peringkat kedua dengan koleksi lima poin.

Sejumlah nama pelatih pun mulai beredar sebagai calon pengganti Martinez, tidak terkecuali Van Gaal. Pelatih berusia 71 tahun itu membuka peluang untuk bisa bekerja sama dengan Federasi Sepak Bola Belgia sebagai pelatih kepala De Rode Duivels.

''Belgia adalah negara yang indah dengan penduduk yang sangat ramah. Knokke-Heist (salah satu kota di Belgia, yang berbatasan langsung dengan Belanda) merupakan kota pantai yang indah. Jadi, iya, saya mempertimbangkannya,'' kata Van Gaal seperti dikutip ESPN, Jumat (2/11/2022).

Sempat memutuskan mundur dari dunia kepelatihan pada 2017, eks pelatih Manchester United itu akhirnya menerima pinangan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) pada 2021 silam untuk menukangi timnas Belanda. Van Gaal dipercaya menggantikan Frank de Boer, yang gagal mengantarkan Tim Oranje tampil maksimal di Euro 2020.

Ini menjadi kesempatan ketiga Van Gaal menukangi timnas Belanda. Sebelumnya, eks pelatih Bayern Muenchen itu pernah menukangi Belanda pada 2000-2001 dan pada kurun waktu 2012 hingga 2014. Prestasi terbaik Van Gaal dalam dua kesempatan terakhir menukangi tim Oranje itu adalah saat membawa Belanda finis di peringkat ketiga Piala Dunia 2014.

Sementara pada kesempatan ketiga menukangi timnas Belanda, Van Gaal tercatat belum menelan satu pun kekalahan dari 18 pertandingan di semua ajang. Terakhir, Van Gaal berhasil mengantarkan Belanda melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup A. Di babak 16 besar, Belanda akan ditantang Amerika Serikat.

Van Gaal pun menilai, Belgia semestinya bisa tampil lebih baik di pentas Piala Dunia 2022. Terlebih, Belgia ditopang sejumlah pemain bintang, seperti Kevin de Bruyne, Eden Hazard, dan Thibaut Courtois, dan Youri Tielemans.

''Kami berhasil mengalahkan mereka dua kali. Namun, mereka sebenarnya memiliki skuad luar biasa. Seharusnya mereka bisa menang di laga terakhir (kontra Kroasia) dan melaju ke babak 16 besar. Itulah sepak bola. Anda tidak cukup hanya memiliki taktik dan talenta, tapi juga sedikit keberuntungan,'' kata Van Gaal, yang dikontrak KNVB hingga akhir gelaran Piala Dunia 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement