Jumat 02 Dec 2022 19:39 WIB

Komentar Ryo Matsumura Soal Performa Fantastis Jepang di Piala Dunia 2022

Pergantian pemain Jepang di babak kedua adalah penentu kemenangan.

Rep: C 02/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Persis Solo asal Jepang Ryo Matsumura terkejut dengan performa negeri asalnya di fase grup Piala Dunia Qatar 2022, Jumat (2/12/2022).
Foto: Republika/Alfian
Gelandang Persis Solo asal Jepang Ryo Matsumura terkejut dengan performa negeri asalnya di fase grup Piala Dunia Qatar 2022, Jumat (2/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Gelandang Persis Solo, Ryo Matsumura, tak menyangka bahwa negeri asalnya mampu tampil optimal di fase grup Piala Dunia Qatar 2022.

Jepang menang dramatis atas Jerman di laga perdana Grup E dengan raihan skor 2-1. Padahal Jepang sempat ketinggalan 0-1 di babak pertama lewat gol dari Ilkay Guendogan di menit ke-33.

Baca Juga

Babak kedua, pemain andalan Jepang Ritsu Doan menyamakan kedudukan di menit ke 75. Berlanjut Takuma Asano mengunci keunggulan Jepang di penguujung babak kedua.

Kemenangan fantastis tersebut berlanjut usai Jepang melawan Spanyol dengan skor sama 2-1 pada Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. Gol tersebut lahir dari dua kaki yang sama.

"Itu sangat luar biasa kamu tahu? Kebanyakan orang tidak menyangka bahwa Jepang dapat menang, ini seperti pertandingan terkahir ketika Jepang melawan Jerman itu situasi yang sama ketika babak pertama mereka unggul," kata Ryo ditemui usai latihan, Jumat (2/12/2022).

Ryo menilai bahwa kemenangan Jepang tersebut memang fantastis. Namun terlepas dari hal tersebut, menurutnya, pergantian pemain di babak kedua adalah penentu kemenangan. "Di pergantian babak Jepang melakukan penyegaran pemain, dan itu kebanyakan adalah pemain tipe penyerang dan mengubah mode permainan," terangnya.

Selain itu, Ryo juga mengatakan bahwa taktik yang digunakan Jepang juga sangat bagus. Menurutnya itu adalah ciri khas Jepang dalam bermain sepak bola. "Itu seperti taktik yang bagus dan kerja tim yang bagus sehingga kami dapat menang. Jadi ini adalah japanis style football," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement