Jumat 02 Dec 2022 14:36 WIB

Menhub Budi Uji Coba Kereta Pangkep-Maros Melewati Jalur Wisata

Menhub naik dari Stasiun Maros ke Stasiun Pangkajene dan Stasiun Rammang Rammang.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pekerja beraktivitas di lokasi pengerjaan proyek rel Kereta Trans Sulawesi di Desa Pekkae, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.
Foto: Antara/Abriawan Abhe
Pekerja beraktivitas di lokasi pengerjaan proyek rel Kereta Trans Sulawesi di Desa Pekkae, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi melakukan uji coba dengan ikut serta menjajal kereta api wisata rute Stasiun Maros menuju Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang melintasi sejumlah objek wisata di dua kabupaten setempat.

"Ini dilakukan agar masyarakat semakin percaya menggunakan KA Trans Sulawesi. Bahkan dapat mengunjungi sejumlah objek wisata yang berada di sekitar stasiun yang dilewati, seperti objek wisata Ramang Ramang," kata Budi di Kabupaten Pangkep, Jumat (2/12/2022).

Dia bersama rombongan juga menjajal jalur tersebut menggunakan kereta wisata dari Stasiun Maros ke Stasiun Pangkajene dan Stasiun Rammang Rammang yang memiliki objek wisata Ramang-ramang. Budi mengatakan, peluncuran operasi terbatas ini dilakukan untuk mengenalkan kereta kepada masyarakat Sulsel dan sekitarnya. "Kita lakukan bertahap dan tiketnya digratiskan sampai Desember 2022," kata dia.

Kereta telah dioperasikan secara terbatas pada Oktober 2022, melewati jalur kereta dari Stasiun Garongkong hingga Stasiun Mangilu sepanjang 66 kilometer (km) dan melewati tujuh stasiun. Jalur tersebut  dilayani kereta wisata dan sudah bisa digunakan masyarakat secara terbatas.

Untuk rute Maros-Pangkep, stasiun yang dilewati antara lain, Stasiun Maros dan Mangilu memiliki sejumlah objek wisata, yakni Wisata Alam Anjungan Sumpang Binangae, dan Wisata Alam Pantai Ujung Batee, dekat Stasiun Barru, Wisata Alam Pantai Laguna dan Wisata Alam Pantai Laona, dekat Stasiun Tanete Rilau.

Selain itu, Wisata Alam Sorongan dekat Stasiun Mandele, Wisata Alam Telaga Biru Segari dekat Stasiun Ma'rang, dan Wisata Mangrove Dewi Biringkassi dekat Stasiun Labakkang Wisata, serta objek wisata Ramang Ramangdekat Stasiun Ramang Ramang. Rencananya, Februari 2023 disediakan angkutan bus dengan skema buy the service.

Bus beroperasi dari Stasiun Ramang Ramang ke Stasiun Maros menuju Bandara Sultan Hasanuddin sebagai sarana integrasi antarmoda, sekaligus akses untuk berkeliling tempat wisata sebagai angkutan dari dan ke stasiun. Pada Maret 2023 akan beroperasi kereta penumpang perintis dan kereta api barang Stasiun Maros-Stasiun Garongkong sepanjang 80 km dan Tonasa-Garongkong sepanjang 66 km.

Pada Mei 2023, akan menambah panjang jalur yang beroperasi mulai Stasiun Mandai-Stasiun Garongkong sepanjang 84 km yang akan melalui 10 stasiun. Jalur kereta Makassar-Parepare memiliki panjang total 142 km yang merupakan bagian dari rencana pembangunan Kereta Trans Sulawesi yang menghubungkan seluruh provinsi di Pulau Sulawesi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement