Jumat , 02 Dec 2022, 04:00 WIB

Livescore; Jerman Tersingkir dari Piala Dunia Meski Kalahkan Kosta Rika 4-2

Red: Bayu Hermawan
Pemain Jerman Serge Gnabry (kiri) mencoba melewati pemain Kosta Rika Keysher Fuller (kanan) pada pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Bayt, Al Khor, Jumat (2/12) dini hari WIB
Foto EPA-EFE

Pemain Jerman Serge Gnabry (kiri) mencoba melewati pemain Kosta Rika Keysher Fuller (kanan) pada pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Bayt, Al Khor, Jumat (2/12) dini hari WIB

Jerman dan Kosta Rika sama-sama tersingkir dari Piala Dunia 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jerman berhasil mendapatkan kemenangan pertama mereka di ajang Piala Dunia 2022 Qatar. Namun, meski menang meyakinkan atas Kosta Rika dengan skor 4-2 pada pertandingan terakhir Grup E di Stadion Bayt, Al Khor, Jumat (2/12) dini hari WIB, Jerman tetap tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Butuh kemenangan, Jerman langsung tampil menekan di awal babak pertama. Para pemain Jerman mengurung pertahanan Kosta Rika. Hasilnya, pada menit ke-10, Jerman berhasil membobol gawang Kosta Rika melalui Gnabry. Pemain Bayern Muenchen itu sukses menyudul bola memanfaatkan umpan silang yang dilepaskan Raum dari sisi kiri luar kotak penalti. Jerman 1-0 Kosta Rika.

Baca Juga

Beberapa menit kemudian, Jerman nyaris mengandakan keunggulan melalui Goretzka. Sayang bola masih bisa diamankan kiper Kosta Rika Kelor Navas. Kosta Rika bukan tanpa perlawanan, beberapa kali mereka mencoba keluar menyerang, namun tekanan yang diberikan Jerman membuat Kosta Rika tak maksimal membombardir pertahanan Jerman.

Trio lini serang Jerman, Serge Gnabry, Musiala dan Leroy Sane, benar-benar merepotkan barisan pertahanan Kosta Rika di babak pertama. Pergerakan tiga pemain ini kerap kali mengancam gawang Navas. Namun, pertahan Kosta Rika yang masih cukup solid dan penyelesaian akhir para pemain Elf Die Mannschaft yang kurang klinis membuat skor belum berubah.

Jelang akhir babak pertama, Jerman kembali nyaris menggandakan keunggulan. Sayang, tendangan Gnarby dari dalam kotak penalti melenceng tipis.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan sementara Jerman 1-0 atas Kosta Rika. Statistik pertandingan mencatat Jerman mendominasi penguasaan bola di babak pertama.

Jerman juga mencatatkan 11 kali tembakan ke arah gawang dan 4 diantaranya tepat sasaran. Sementara Kostarika hanya melakukan 1 kali tembakan tepat sasaran. Hasil ini membuat peluang Der Panzer lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 tetap terbuka. Sebab, dipertandingan lain, Spanyol sementara unggul 1-0 atas Jepang.

Babak Kedua

Jerman memulai babak kedua dengan kepercayaan diri setelah berhasil unggul di babak pertama, serta mengetahui pada pertandingan lain Spanyol sementara unggul atas Jepang, yang artinya peluang Jerman melaju ke babak 16 besar terbuka lebar.

Seperti di babak pertama, Jerman langsung berinisiatif menekan pertahanan Kosta Rika. Namun, ketegangan menyelimuti skuad dan pendukung Jerman tak lama babak kedua berjalan. Hal itu lantaran Jepang berhasil menyamakan kedudukan atas Spanyol di pertandingan lain.

Dari tangkapan layar, pelatih Jerman Hansi Flick berserta staf terlihat tegang mengetahui perkembangan terbaru persaingan Grup E. Sementara pendukung Jerman yang hadir di stadion, sibuk melihat ponsel mereka untuk mengetahui update terbaru.

Rupanya hal tersebut menular ke skuad Jerman di atas lapangan, yang terganggu konsentrasinya. Hal itu bisa dimanfaatkan oleh Kosta Rika untuk bangkit dan mulai mengimbangi permainan Jerman. 

Der Panzer seolah semakin tertekan setelah Jepang diluar dugaan berhasil unggul atas Spanyol. Akibatnya, Jerman dikejutkan dengan gol penyeimbang Kosta Rika. Melalui serangan balik cepat dari sisi kanan, pemain Kosta Kendal Waston menanduk bola yang bisa ditepis oleh Neuer, namun bola jatuh ke Tejeda yang berdiri bebas dan membuat kedudukan imbang Kosta Rika 1-1 Jerman.

Jerman punya peluang menyamakan kedudukan pada menit ke-60 dan ke-61 melalui Musiala dan Muller namun tembakan keduanya gagal berbuah gol. Kosta Rika membuat pendukung Jerman di Stadion Al Bayt terdiam saat berhasil berbalik unggul pada menit ke-70. Berawal dari tendangan bebas dari sisi kiri lapangan, bola ditandung oleh pemain Kosta Rika Alvaro dan kemudian disambar oleh Juan Pablo Vargas. Kosta Rika 2-1 Jerman.

Pertandingan berlangsung sengit, karena Kosta Rika kemudian punya peluang lolos ke babak 16 besar. Sementara Jerman yang tak mau malu tak pernah merasakan kemenangan di Piala Dunia 2022 mencoba mencetak gol penyeimbang. 

Jerman kemudian berhasil mencetak gol penyeimbang melalui Kai Havertz pada menit ke-73. Pemain yang dimasukan menggantikan Muller itu berhasil mengkonversi umpan dari Fuellkrug dan membuat kedudukan imbang 2-2.

Kosta Rika yang mencari gol kemenangan untuk membawa mereka lolos ke babak 16 besar justru kembali kebobolan pada menit ke-85. Havertz kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah sukses mengkonversi umpan silang yang dilepaskan Gnarby. Jerman 3-2 Kosta Rika. Di ujung babak kedua, Jerman memperbesar keunggulan menjadi 4-2, kali ini Fuellkrug yang membobol gawang Kosta Rika memanfaatkan umpan Leroy Sane. 

Babak kedua berakhir dengan keunggulan Jerman 4-2 atas Kosta Rika. Meski menang, Jerman tetap tersingkir dari Piala Dunia 2022 Qatar. Skuad asuhan Hansi Flick mempunyai empat poin hasil dari satu kali menang, satu kali kalah dan satu kali seri. Poin Jerman sebenarnya sama dengan Spanyol, namun mereka kalah dalam agregat gol. Sementara Kosta Rika tersingkir dari Qatar karena berada di dasar klasemen Grup E dengan tiga poin.

Susunan Pemain:

Jerman (4-2-3-1):

Manuel Neuer, Joshua Kimmich, Niklas Sule, Antonio Rudiger, David Raum, lIkay Gundogan, Leon Goretzka, Leroy Sane, Jamal Musiala, Serge Gnabry, Thomas Muller.

Pelatih: Hansi Flick

Kosta Rika (5-4-1): 

Keylor Navas, Oscar Duarte, Kendall Waston, Juan Pablo Vargas, Keysher Fuller, Celso Borges, Yeltsin Tejeda, Bryan Oviedo, Brandon Aguilera, Joel Campbell, Johan Venegas.

Pelatih: Luis Fernando Suarez

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
jerman vs kosta rika kosta rika vs jerman piala dunia 2022 piala dunia 2022 qatar babak 16 piala dunia
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya