Kamis 01 Dec 2022 20:49 WIB

Polisi Buru Perampok Sopir Truk Hino di Jalan Tol Trans Sumatra

Pelaku perampokan truk di jalan tol Lampung belum tertangkap.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Teguh Firmansyah
Garis Polisi (ilustrasi)
Foto: Antara/Jafkhairi
Garis Polisi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Seorang lelaki pelaku perampokan sopir truk Hino di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayuagung (Terpeka) KM 226+900 jalur B pada Selasa (29/11/2022) malam belum tertangkap. Polisi masih memburu pelaku yang kabur masuk perkebunan sawit.

Kasat Reskrim Polres Mesuji Iptu Fajrian Rizki mengatakan, tim Tekab 308 Polres Mesuji masih memburu pelaku perampokan sopir truk Hino Abdul Manap (45 tahun) yang terjadi di Desa Gedung Sri Mulyo, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji, Lampung. “Pelaku masih dalam pencarian,” kata Fajrian Rizi, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga

Petugas Polres Mesuji telah melakukan identifikasi tempat kejadian perkara (TKP) bersama tim Inafis. Setelah mengecek lokasi TKP, juga memeriksa kamera tersembunyi (CCTV) di Gerbang Tol Way Kenangan, Rest Area 234, dan Gerbang Tol Simpang Pematang.

Selain itu, petugas juga memeriksa korban Abdul Manap yang saat ini dirawat di Rumah Sakit Puri Husada, Simpang Pematang, Mesuji. Menurut Fajrian, korban masih dirawat medis, karena mengalami luka di bagian kepala dan kaki.

Kronologi kejadian

Polres Mesuji membeberkan, kejadian ini bermula ketika korban Abdul Manap membawa truk jenis Hino dari Palembang menuju Kota Bandar Lampung. Korban warga Desa Sumber Sari, Kecamatan, Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Dalam perjalanan setelah pintu gerbang tol Pematang Panggang, korban berhenti di Rest Area KM 234. Seorang lelaki membawa jeriken 10 liter mendekati mobil truknya, dan meminta pertolongan dengan korban, dengan dalih kendaraannya kehabisan bahan bakar jenis solar di Rest Area KM 215.

Korban berniat baik membantu pelaku yang berpura-pura meminta tumpangan. Korban dan penumpang ilegal tersebut melanjutkan perjalanan ke Bandar Lampung. Di tengah jalan tol, pelaku meminta korban menghentikan truknya di KM 227.

Pelaku mengambil celurit dan melingkari leher korban. Korban ditendang keluar truk. Korban melakukan perlawanan, sehingga laju kendaraan truknya oleng. Korban terpental keluar truk, yang menyebabkan satu kaki kirinnya nyaris putus.

Laju kendaraan truk oleng, pelaku berusaha membawa kabur truk, namun laju kendaraan yang berusaha dipertahankan korban, menabrak median jalan tol. Korban berusaha menyeberang jalur bagian barrier, sedangkan pelaku kabur ke perkebunan sawit malam hari itu.

Menurut Kasat Reskrim Iptu Fajrian Rizki, pelaku kabur ke arah perkebunan sawit kawasan Desa Wonorejo, Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulangbawang Barat. Sedangkan truk korban saat ini dibawa ke Gerbang Tol Simpang Pematang, tidak terdapat barang-barang korban yang hilang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement