Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Distorsi Music Indonesia Bersama KOPHI Bantu Korban Gempa Cianjur

Kamis 01 Dec 2022 19:20 WIB

Red: Muhammad Akbar

bantuan kepada warga yang terkena bencana gempa Cianjur dari Komunitas Pewarta Hiburan Indonesia (KOPHI)

bantuan kepada warga yang terkena bencana gempa Cianjur dari Komunitas Pewarta Hiburan Indonesia (KOPHI)

Foto: istimewa
Bantuan diberikan di dua lokasi yang terdampak gempa di Cianjur

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Solidaritas kemanusiaan terus ditumbuhkan oleh Komunitas Musisi dan Penulis Lagu dari Distorsi Music Indonesia serta Agregator Musik Distrowave. 

Donasi yang dihimpun dari sebagian royalti album Lagu Untuk Indonesia ini diberikan untuk membantu para korban yang terkena lindu di Cianjur. Bantuan ini secara langsung  disalurkan melalui Komunitas Pewarta Hiburan Indonesia (KOPHI) pada Kamis (1/12) di Kampung Akhlakul Karimah Cibulakan, Desa Cibulakan serta Kampung Babakan Gasol, Gasol, Cugenang, Cianjur.

"Kami sangat berterima kasih kepada kawan-kawan KOPHI yang sudah menyampaikan amanah para musisi dari Distorsi Music Indonesia. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban para korban bencana gempa di Cianjur," kata Koko Halmahera, salah satu penggagas dari Distorsi Music Indonesia, dalam keterangannya kepada media di Jakarta.

Koko menjelaskan bantuan sebesar Rp 4 juta ini hasil dari royalti album kompilasi lagu para musisi Distorsi Music Indonesia yang didistribusikan melalui agregator musik Distrowave. 

"Sebelumnya royalti juga sudah disumbangkan untuk kegiatan kemanusiaan lain, khususnya bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid 19," kata Koko.

Sementara itu Ketua KOPHI, Benny Benke, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam solidaritas bagi korban bencana gempa di Cianjur. Ia mengatakan kali ini pihaknya mendapatkan dukungan dari musisi senior Chandra Darusman, Satas International, dan Smartfren. 

Berdasarkan laporan tim lapangan yang dikomandani Fitriawan Ginting Bagaskara, saat ini masih banyak kebutuhan dasar yang diperlukan oleh masyarakat di lokasi bencana. Dalam donasi kali ini, KOPHI menyalurkan dana tunai, 100 selimut serta peralatan mandi dan makan.   

Benny berharap kehadiran KOPHI di Cianjur menjadi bentuk nyata bahwa jurnalis memiliki perhatian yang besar kepada masyarakat yang terkena musibah.

"Kegiatan kemanusian ini bukanlah yang pertama dilakukan KOPHI. Kami telah berkomitmen untuk terus berkontribusi, baik secara langsung maupun tak langsung, dalam membantu anak negeri yang tertimpa musibah. Solidaritas nyata seperti inilah yang harus diperkuat dan diperbanyak untuk membuat Indonesia menjadi kuat," kata jurnalis senior Suara Merdeka ini.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA