Kamis , 01 Dec 2022, 17:17 WIB

Atmosfer Kamar Ganti Spanyol Penuh Optimisme dan Kegembiraan Jelang Duel Kontra Jepang

Rep: Frederikus Bata / Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique.
Foto EPA-EFE/Friedemann Vogel

Pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique.

Spanyol tetap memegang komitmen selalu ingin bermain menyerang.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Pelatih tim nasional (timnas) Spanyol, Luis Enrique, menggambarkan situasi di kamar ganti jelang duel kontra Jepang. La Roja bakal meladeni ketangguhan Samurai Biru pada partai pamungkas Grup E Piala Dunia 2022.

Partai tersebut berlangsung di Khalifa International Stadium, Doha, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. Enrique menegaskan pasukannya dalam kondisi yang baik secara fisik dan mental. Ada energi positif yang terasa.

Baca Juga

"Atmosfernya bagus, penuh optimisme, dan kegembiraan," kata mantan juru taktik Barcelona itu, dikutip dari dailymail.co.uk, Kamis (1/12/2022).

Jelas, ia menghormati calon lawan. Bersamaan dengan itu, Spanyol takkan mengubah komitmennya. Skuad Negeri Matador selalu ingin bermain menyerang.

Filosofi demikian, sejalan dengan pendirian Enrique. Ini bukan hanya demi target meraih hasil maksimal. Tapi juga untuk memanjakan penonton.

"Sepak bola adalah pertunjukan. Seperti jika anda pergi ke teater. Penonton menginginkan ada banyak gol, hiburan. Begitulah cara saya menafsirkan sepak bola," ujar Enrique.

Ia tidak dalam posisi mencari dukungan. Enrique hanya membicarakan pandangannya. Jika pelatih lain kurang setuju, bukan sesuatu yang bermasalah baginya.

"Apabila ada yang tidak beres, dan saya dipecat, maka tidak apa-apa. Tetapi jika cara itu membuat para pemain saya optimistis, maka saya puas dengan itu," ujar Enrique.

Ia menegaskan, penting bagi mereka untuk yakin dengan kemampuan sendiri. Tentunya fokus mengejar kemenangan tetap penting. Itulah mengapa Spanyol berada di ajang ini.

La Roja hanya butuh hasil imbang jika ingin melaju ke babak 16 besar. Sebaliknya, andai meraih kemenangan, Jepang melenggang mulus. Artinya, dua tim ini tidak perlu bergantung penuh pada hasil pertandingan antara Jerman melawan Kosta Rika.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
timnas spanyol pelatih spanyol luis enrique `spanyol vs jepang timnas spanyol vs timnas jepang prediksi jepang vs spanyol piala dunia 2022 piala dunia 2022 qatar
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya