Saturday, 6 Rajab 1444 / 28 January 2023

DLH DKI Gelar Uji Emisi Gratis di Terminal Kampung Rambutan

Kamis 01 Dec 2022 16:01 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Petugas menguji emisi kendaraan di kawasan Blok M, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/10/2022).

Petugas menguji emisi kendaraan di kawasan Blok M, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/10/2022).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sebanyak 78 motor dan 28 mobil ikut uji emisi untuk mendukung program Langit Biru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menggelar kegiatan uji emisi gratis bagi kendaraan bermotor di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Kamis (1/12/2022). Kasi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan DLH DKI, Tiana Brotoadi mengatakan, kegiatan uji emisi gratis dalam rangka untuk mendukung program Langit Biru di Jakarta.

"Khusus di terminal bus Kampung Rambutan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka persiapan penerapan disinsentif parkir atau penggunaan tarif parkir tertinggi di area park andrideterminal bus Kampung Rambutan," kata Tiana di di Jakarta, Kamis.

Tiana menjelaskan, tercatat sebanyak 106 kendaraan yang terdiri dari 78 unit sepeda motor dan 28 unit mobil yang mengikuti kegiatan uji emisi gratis tersebut. Menurut dia, di lokasi tersebut ada tiga alat uji emisi yang terdiri dari dua alat uji untuk kendaraan berbahan bakar bensin dan satu unit untuk bahan bakar solar.

"Kami juga berkeliling ke lima wilayah ibu kota untuk melakukan layanan jemput bola kegiatan uji emisi kendaraan bermotor milik warga Jakarta," ujarnya.

Tiana mengatakan, DLH telah melakukan koordinasi dengan pihak UPT terminal dan UP Parkir Dinas Perhubungan DKI yang kemudian diteruskan ke pihak kelurahan setempat agar warga dapat melakukan uji emisi di lokasi. Dia berharap, program uji emisi itu dapat terus berjalan secara kesinambungan di semua wilayah DKI agar capaian uji emisi berhasil secara maksimal.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA