Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Pihak Ponpes Al Hikmah Brebes Menolak Dikaitkan dengan Acara Sahabat Ganjar

Kamis 01 Dec 2022 15:46 WIB

Red: Agus raharjo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Foto: Istimewa
Pengurus mengizinkan acara Sahabat Ganjar tetap digelar di lapangan di luar ponpes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sekretaris Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hikmah 1 Benda Sirampog, Brebes, Jawa Tengah, Gus Akom menegaskan acara Sholawat Akbar dan Gema Doa Nusantara untuk Ganjar Pranowo tidak berkait dengan pengurus pondok pesantrennya. Ia mengakui acara tersebut murni digelar Sahabat Ganjar.

“Sebetulnya bukan pembatalan, artinya kita itu bukan penyelenggara. Ya intinya jangan sampai pondok itu dikait-kaitkan dengan politik praktis,” kata Gus Akom, dalam keterangan, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga

Ia juga menyinggung bahwa pihak yayasan tidak mengizinkan apabila Ganjar Pranowo beserta relawan pendukungnya mengatasnamakan ponpes untuk acara yang berkepentingan politik.

“(Alasan lengkapnya) artinya kita ini, pondok itu tidak mengizinkan kalau tempat (yang akan digunakan di sekitar pondok), kemudian mengataskan nama pondok untuk kepentingan politik. (Baik untuk) kepentingan politik praktis, apalagi kepentingan dengan masalah capres, cawapres, dan lain sebagainya,” tegas Gus Akom.

Meski begitu, pihaknya tidak melarang apabila Sahabat Ganjar ingin menggelar acara tersebut dekat dari ponpes. “Tapi jangan sampai membawa nama pondok. Ya intinya kami tidak sepakat kalau kemudian mempergunakan pondok untuk kepentingan politik praktis,” ujarnya.

Ia mengaku pengurus pondok Al-Hikmah 1 Benda Sirampog khawatir nama ponpesnya disalahgunakan untuk tujuan sekelompok orang tertentu. “Khawatirnya nanti dipelintir-pelintir (oleh pihak panitia), karena tempatnya dekat dengan pesantren, kemudian mengatasnamakan pesantren. Karena kebetulan kan salah satu timnya kan tetangga pesantren itu, domisili (salah seorang Sahabat Ganjar) disitu,” tegas Gus Akom.

Ia menyebut acara shalawat tersebut akan diadakan di lapangan milik Ponpes Al-Hikmah 1 Brebes, yang berada masih di sekitar ponpes tersebut. “Informasinya katanya tetap (diadakan acaranya), cuma tidak di pondok. Tidak membawa (nama ponpes), tidak di lingkungan pesantren. Dekat-dekat (dari sini) lah,” ujarnya.

Sebelumnya, beredar surat yang menyebutkan pihak Yayasan Pondok Pesantren Al-Hikmah 1 Benda Sirampog, Brebes, Jawa Tengah menolak acara Shalawat dan Gema Doa Nusantara untuk Ganjar. Penolakan akan dilakukan jika pihak panitia menyinggung pihak ponpes sebagai pihak yang menyelenggarakan acara tersebut.

Surat ini ditandatangani Pimpinan Yayasan Akomadhien Shofa pada Selasa (29/11/2022). Dalam surat ini disebutkan pihak yayasan tidak ikut berpolitik praktis, termasuk dalam persoalan capres-cawapres.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA