Kamis , 01 Dec 2022, 00:16 WIB

Livescore Piala Dunia: Menang atas Prancis, Tunisia Tetap Gagal ke Babak 16 Besar

Rep: Frederikus Bata / Red: Israr Itah
 Para pemain Tunisia berpelukan usai mengalahkan Prancis 1-0 dalam pertandingan sepak bola grup D Piala Dunia di Education City Stadium di Al Rayyan, Qatar, Rabu, 30 November 2022.
Foto AP/Martin Meissner

Para pemain Tunisia berpelukan usai mengalahkan Prancis 1-0 dalam pertandingan sepak bola grup D Piala Dunia di Education City Stadium di Al Rayyan, Qatar, Rabu, 30 November 2022.

Tunisia hanya finis di posisi ketiga Grup D di bawah Prancis dan Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Tunisia berhasil mengalahkan Prancis pada partai pamungkas di Grup D Piala Dunia 2022. Skuad polesan Jalel Kadri unggul 1-0 atas Les Blues di Stadion Education City, Doha, Rabu (30/11) malam WIB. Meski menang, Eagles of Carthage tetap gagal melaju ke babak 16 besar karena hanya finis di posisi ketiga grup.

Kedua tim menampilkan permainan dengan intensitas tinggi sejak menit awal. Tunisia lebih gencar menyerang. Wakil Afrika itu sempat menjebol gawang Les Bleus pada menit kesembilan.

Baca Juga

Namun wasit menganulir gol tersebut karena offside. Pasukan Ayam Jantan mencoba keluar dari tekanan. Tujuh menit kemudian, raksasa Eropa ini mengancam melalui tandukan Matteo Guendouzi.

Perlahan tapi pasti, laga mulai berimbang. Setelah 20 menit berlalu, Prancis berbalik mendominasi. Namun Eagles of Carthage tetap berusaha mencari celah untuk mencetak skor.

Pada menit ke-35, upaya Raphael Varane menjauhkan bola dari area pertahanan Prancis, nyaris berakibat fatal. Bola jatuh dihadapan penyerang Tunisia Wahbi Khazri. Sosok bernomor punggung 10 itu langsung melepaskan tembakan.

Upaya Khazri bisa dimentahkan Steve Mandanda. Pada menit ke-42, wakil Afrika kembali mengancam. Sebuah umpan tarik Ali Maaloul gagal disambut rekannya.

Pada sisa waktu, tak terlihat perubahan berarti. Skor kacamata bertahan hingga turun minum. Menarik dinantikan, bagaimana pertarungan kedua tim setelah jeda. 

Memasuki babak kedua, Tunisia langsung tancap gas. Tak ada pilihan lain bagi anak asuh Jalel Kadri. Mereka harus menang.

Pada menit ke-58, Eagles of Carthage akhirnya memimpin. Wahbi Khazri mencatatkan namanya di papan skor. Sepakan kaki kiri penyerang Montpellier itu merobek jala Prancis.

Tersengat situasi tersebut, pelatih Les Bleus, Didier Deschamps melakukan perubahan. Ia menarik Varane, Jordan Veretout, serta Kingsley Coman pada menit ke-63. Sebagai gantinya ia memasukkan William Saliba, Adrien Rabiot juga Kylian Mbappe.

Juara bertahan mulai mengurung pertahanan wakil Afrika. Pada menit ke-82, Ousmane Dembele mendapat ruang tembak di depan kotak penalti lawan. Sepakan winger Barcelona itu bisa diamankan Aymen Dahmen.

Satu menit menjelang waktu normal berakhir, giliran Mbappe memperoleh kans. Ia melakukan penetrasi dari sisi kiri dan kemudian melepaskan tembakan. Upaya andalan Paris Saint Germain ini ditepis Dahmen.

Skor 1-0 untuk keunggulan Tunisia bertahan sampai laga usai. Sayang, hasil demikian belum bisa meloloskan wakil Afrika ini ke putaran selanjutnya. Sebab pada laga lain, Australia menaklukkan Denmark 1-0. 

Dengan dua hasil ini, Prancis tetap di puncak dengan nilai enam, unggul selisih gol dari Australia yang menjadi runner-up. Tunisia di peringkat tiga dengan nilai empat, Sementara Denmark menjadi juru kunci dengan nilai satu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
piala dunia piala dunia qatar piala dunia 2022 piala dunia fifa tunisia prancis tunisia vs prancis wahbi khazri
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya