Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

28 BUMN dan Swasta Sabet Penghargaan Transformasi Digital HCPA 2022

Rabu 30 Nov 2022 23:10 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Kementrian BUMN (Ilustrasi).  Sebanyak 28 Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan enam swasta mendapatkan penghargaan saat ajang Penganugerahan bergengsi Human Capital & Performance Award 2022 yang diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia. Adapun kegiatan ini bekerja sama Forum Human Capital Indonesia (FHCI), CEO Forum, Fortege Claude Technology, Digital Transformation & Innovation Institute dan MB Solution.

Kementrian BUMN (Ilustrasi). Sebanyak 28 Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan enam swasta mendapatkan penghargaan saat ajang Penganugerahan bergengsi Human Capital & Performance Award 2022 yang diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia. Adapun kegiatan ini bekerja sama Forum Human Capital Indonesia (FHCI), CEO Forum, Fortege Claude Technology, Digital Transformation & Innovation Institute dan MB Solution.

Foto: ANTARA
28 BUMN dan 6 swasta dinilai jalankan human capital dan inovasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 28 Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan enam swasta mendapatkan penghargaan saat ajang Penganugerahan bergengsi Human Capital & Performance Award 2022 yang diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia. Adapun kegiatan ini bekerja sama Forum Human Capital Indonesia (FHCI), CEO Forum, Fortege Claude Technology, Digital Transformation & Innovation Institute dan MB Solution.

Pada sebelumnya, BusinessNews Indonesia sudah pernah mengadakan Corporate Rating (Award) IHCS (Indonesia Human Capital) dari 2015, 2016, 2017 hingga tahun 2021, ini merupakan penyempurnaan dari IHCS Award. Acara Awarding bergengsi yang mengangkat tema Human Capital Digital Transformation for Corporate Excellence, pada Rabu (30/11/2022).

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional bidang Human Capital, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri Human Capital & Performance Award 2022 dalam proses penjurian, bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan human capital, inovasi serta mengintegrasikan dengan transformasi digital. 

Ketua Penyelenggara Human Capital & Performance Award 2022 Irnanda Laksanawan mengatakan transformasi bisnis yang dijalankan perusahaan sehingga dapat bertahan dan memberikan pelayanan yang prima bagi customer di Indonesia. Adapun event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan bidang Human Capital dengan tujuan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor penentu kesuksesan transformasi human capital serta mengukur dan menilai kinerja sekaligus keefektifitasan strategi human capital agar semakin unggul, profesional, kompetitif, akuntabel dan menjadi penyeimbangan daya saing sebagai negara di pasar domestik maupun internasional.

 

“Award ini juga bertujuan mendorong prestasi dan kinerja perusahaan BUMN, anak usaha afiliasi, BUMD, swasta nasional untuk melakukan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta yang profesional dan berkualitas global, dalam menjalankan bisnis perusahaan,” ujarnya, Rabu (30/11/2022).

Menurutnya kegiatan ini menjadi tantangan tersendiri, sekaligus membuktikan kepada kita semuanya apakah perseroan-perseroan tersebut tetap survive dalam menjalankan bisnis dan pelayanannya kepada masyarakat atau tidak. Pelayanan yang dimaksud adalah sesuai dengan visi dan misi perusahaan, khususnya era new normal ini setelah dunia dilanda pandemi Covid-19 yang berdampak pada semua level masyarakat dan lini bisnis.

Ketua Dewan Juri Priyantono Rudito menambahkan proses penjurian Human Capital & Performance Award 2022 mendapatkan pembelajaran yang sangat berharga bagi pengembangan berbagai ekosistem industri di Indonesia dalam mencapai pertumbuhan yang sustainable era digital, di antaranya strategi human capital, inovasi dan transformasi digital dan terbentuknya digital leadership dalam menghadapi tiga tantangan besar (secure, survive dan sustain) era digital.

Hal ini dilakukan dengan cara membangun DNA terbarukan (self renewable DNA) melalui dua hal yang sulit dilakukan dalam waktu bersamaan, yaitu memastikan terjaganya kinerja core business dan memimpin manajemen perubahan (change management) yang cukup keras dalam program transformasi digital.

“Maka itu penting dijadikan pembelajaran bersama pembentukan DNA terbarukan tersebut ditempuh dengan melakukan perubahan mendasar dari pendekatan bisnis, yaitu shifting dari current business practice ke next business practice dari waktu ke waktu dalam waktu yang relatif lebih singkat,” ucapnya.

Chairman of Steering Committee Assoc Haryono Soeparno mengatakan Human Capital and Digital Transformation Award 2022 untuk menginspirasi para pemimpin perusahaan pada setiap level, membangun kapasitas kepemimpinan perusahaan, menumbuhkan sumber daya manusia mereka dengan berinvestasi pada karyawan, proses, dan budaya perusahaan di Era Business Intelligence. Human Capital & Performance Award 2022 diikuti oleh sekitar 400 perusahaan BUMN, BUMD, dan swasta yang menjadi nominasi. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA