Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Terdampak Gempa, Belasan Napi Lapas Cianjur Dipindah ke Nyomplong

Rabu 30 Nov 2022 22:53 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Kondisi Lapas Kelas IIB Cianjur pasca bencana gempa bumi yang terjadi pada Senin (21/11).

Kondisi Lapas Kelas IIB Cianjur pasca bencana gempa bumi yang terjadi pada Senin (21/11).

Foto: Dok Ditjen Permasyarakatan Kemenkumham
Napi yang dipindahkan mendapatkan pengawalan ketat dari pihak lapas dan polisi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Akibat terdampak gempa belasan narapidana yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cianjur dipindahkan sementara ke Lapas Kelas II B Nyomplong, Kota Sukabumi, Jawa Barat. "Ada 15 narapidana Lapas Cianjur yang dititipkan ke Lapas Nyomplong Kota Sukabumi," kata Kepala Lapas Kelas II B Sukabumi Christo Toar di Sukabumi pada Rabu (30/11/2022).

Menurut Christo, narapidana yang dipindahkan tersebut mendapatkan pengawalan ketat dari pihak lapas dan kepolisian. Dalam pemindahan ini pihaknya tetap mengutamakan protokol kesehatan (prokes) antisipasi adanya narapidana dari Lapas Cianjur yang mengidap penyakit khususnya Covod-19.

Baca Juga

Pemindahan ini dilakukan karena fasilitas sarana dan prasarana Lapas Cianjur mengalami kerusakan akibat guncangan gempa. Sehingga antisipasi hal yang tidak diinginkan belasan narapidana nya dipindah sementara ke Lapas Nyomplong.

Kondisi sarana dan prasarana di Lapas Kelas II B Cianjur yang mengalami kerusakan dapat mengganggu keamanan ketertiban, maka dari sebagian narapidana harus dipindah ke lapas lainnya.

 

"Dari 15 narapidana asal Lapas Cianjur enam di antaranya merupakan wanita, sebelum ditempat ke ruangan setiap narapidana wajib menjalani pemeriksaan kesehatan serta penggeledahan untuk memastikan tidak ada penyelundupan barang terlarang," tambahnya.

Christo mengatakan untuk sementara para narapidana dari Lapas Cianjur ini ditempatkan di kamar 'mapenaling' sebelum bergabung dengan narapidana lainnya. Namun demikian, pihaknya belum akan berapa lama mereka dititipkan di Lapas Nyomplong karena masih menunggu keputusan pimpinan apabila akan dipindahkan kembali ke Cianjur setelah bangunan selesai direnovasi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA