Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Polda Lampung Konfirmasi Anggotanya Ditembak Mati KKB di Papua

Rabu 30 Nov 2022 22:52 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Ilham Tirta

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad.

Foto: Dok Humas Polda Lampung
Pasukan Brimob diadang KKB saat melakukan patroli.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Jajaran Polda Lampung berduka. Seorang anggota Satuan Brimob Polda Lampung Bripda Gilang Aji Prasetyo gugur dalam melaksanakan tugas negara di Papua, Rabu (30/11/2022), petang. Gilang tergabung dalam Satgas Ops Damai Cartenz di Papua.

Gilang meninggal dunia setelah terjadi kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Selain seorang anggota gugur, terdapat dua anggota lainnya mengalami luka tembak dan dirawat di rumah sakit setempat.

Baca Juga

"Kontak senjata antara personel Satgas Ops Damai Cartenz dengan sekelompok orang yang diduga KKB Papua di wilayah Yahukimo mengakibatkan satu personel dinyatakan meninggal dunia," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad kepada Republika.co.id di Bandar Lampung, Rabu (30/11/2022), malam.

Ia mengatakan, kontak senjata terjadi sekira pukul 16.15 WIT, Rabu. Saat rombongan 1 regu personel tengah melakukan patroli cipta kondisi Harkamtibmas sampai di KM 7, tepatnya di jembatan, rombongan mendapatkan penghadangan dari KKB.

Kelompok tersebut melakukan penembakan dari arah sebelah kiri bawah jembatan secara brutal ke arah kendaraan yang ditumpangi oleh personel Satgas OPS damai Cartenz. Anggota pun membalas tembakan sehingga terjadi kontak senjata.

Pandra mengatakan, dua anggota Brimob Polda Lampung yang terluka adalah Briptu Fazuarsah dan Bripda Dona Bagaskara. "Sedangkan Bripda Gilang Aji Prasetyo usia 23 tahun yang meninggal dunia mengalami luka tembak yang mana sempat diberikan perawatan medis di RSUD Dekai," kata Pandra.

Jenazah Bripda Gilang kini dalam perjalanan menuju Lampung untuk dimakamkan. Sedangkan dua anggota yang terluka masih dirwat di RSUD DeKai, Yahukimo, Papua.

"Almarhum Bripda Gilang Aji Prasetyo adalah anggota Kompi 1 Yon C Satbrimobda Lampung Utara. Rencana jenazah besok setibanya di Lampung akan dimakamkan di Kampung halamannya Merbau Mataram, Tanjung Bintang, Lampung Selatan," kata Pandra.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA