Rabu 30 Nov 2022 19:35 WIB

Rambut Rontok Tanda Kekurangan Vitamin Apa?

Kekurangan vitamin tertentu dapat memicu kerontokan rambut.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Vitamin D (ilustrasi). Kerontokan rambut salah satunya dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin D.
Foto: www.freepik.com.
Vitamin D (ilustrasi). Kerontokan rambut salah satunya dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin D.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kekurangan vitamin D juga bisa berdampak pada kesehatan rambut. Vitamin D juga berperan dalam berbagai proses dalam tubuh, mulai dari membangun sistem kekebalan tubuh yang sehat hingga menjaga kekuatan tulang.

Menurut Dr Rhianna McClymont selaku kepala dokter umum di Livi, Inggris, kerontokan rambut adalah salah satu tanda peringatan kekurangan vitamin D. Vitamin D dimetabolisme di kulit oleh keratinosit, menggambarkan sel-sel kulit yang memproses keratin, protein yang ditemukan di rambut, kuku, dan kulit.

Baca Juga

Ketika tubuh kekurangan vitamin D, keratinosit di folikel rambut mengalami kesulitan mengatur pertumbuhan dan kerontokan rambut. Penelitian juga mengaitkan kekurangan dengan gejala yang mengganggu ini.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Tricholog, memeriksa hubungan antara kekurangan vitamin D dan kerontokan rambut wanita. Melihat 45 wanita yang mengalami kerontokan rambut, penelitian tersebut mengevaluasi jumlah wanita sehat yang sama dengan usia, jam yang dihabiskan di bawah sinar matahari per hari, dan indeks massa tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement