Rabu 30 Nov 2022 11:20 WIB

Delapan Fakultas di UI Gelar Program Kelas Internasional

Kelas Internasional UI membuka penerimaan mahasiswa baru melalui dua jalur.

Delapan fakultas di Universitas Indonesia (UI) membuka program kelas internasional yang banyak menarik minat para calon mahasiswa dari berbagai kalangan.
Foto: Humas UI
Delapan fakultas di Universitas Indonesia (UI) membuka program kelas internasional yang banyak menarik minat para calon mahasiswa dari berbagai kalangan.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Delapan fakultas di Universitas Indonesia (UI) membuka program kelas internasional yang banyak menarik minat para calon mahasiswa dari berbagai kalangan. Delapan fakultas itu, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Psikologi (F.Psi), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), khusus untuk Program Studi Komunikasi, Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), dan Fakultas Teknik (FT).

Sekretaris Universitas Indonesia Agustin Kusumayati mengatakan, UI rutin memberikan sosialisasi tentang program kelas internasional agar para calon mahasiswa memahami kelas internasional dan program internasional lainnya yang diselenggarakan UI dan perguruan tinggi mitra di luar negeri. Delapan fakultas di UI telah bekerja sama dengan universitas mitra dunia, antara lain Universitas Leiden dan University of Groningen (Belanda), The University of Queensland (Australia), National University of Singapore, serta beberapa universitas terkemuka lainnya.

Baca Juga

Tak hanya ada delapan stan fakultas di UI yang menyelenggarakan program kelas internasional, tujuh universitas mancanegara juga ikut berpartisipasi membuka stan.Yakni, OregonState University, Swiss Education Group, Asia Pacific University, University of Adelaide (partner), University of Canberra (partner), Newcastle University (partner), dan Coventry University (partner).

Ia mengatakan, pembatasan selama pandemi memberikan kesadaran bersama bahwa situasi itu harus diatasi dengan melakukan upaya-upaya yang komprehensif dan terintegrasi, tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah. Istilahnya adalah borderless solution.

"Borderless solution tentu saja menuntut kerja sama yang juga borderless, baik itu kerja sama dalam konteks multidisiplin maupun di sektor lain dan lintas negara,” ujar Agustin di Depok, Rabu (30/11/2022). 

Kelas Internasional UI membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui pencari bakat dan jalur seleksi masuk mandiri (SIMAK). Untuk jalur pencari bakat, seleksi dilakukan berdasarkan nilai akademik rapor yang melibatkan peran sekolah.

Pendaftaran kelas Internasional UI dibuka untuk jenjang sarjana (S1) periode Tahun Akademik 2023/2024 akan dilaksanakan pada Februari-Maret 2023 melalui jalur pencari bakat dan pada bulan Mei-Juni 2023 melalui SIMAK UI. Informasi mengenai pendaftaran ini dapat diakses melalui www.simak.ui.ac.id dan laman registrasi di www.penerimaan.ui.ac.id.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement