Rabu 30 Nov 2022 10:57 WIB

Sepeda Pasok Listrik untuk Dekorasi Natal di Budapest

Pohon natal menyala sepenuhnya jika seseorang terus mengayuh dengan sangat keras.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Sebuah sepeda yang dikayuh oleh orang yang lewat menyalakan instalasi lampu berbentuk pohon Natal di Budapest.
Foto: ANTARA/Ignas Kunda
Sebuah sepeda yang dikayuh oleh orang yang lewat menyalakan instalasi lampu berbentuk pohon Natal di Budapest.

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Sebuah sepeda yang dikayuh oleh orang yang lewat menyalakan instalasi lampu berbentuk pohon Natal di Budapest. Walikota setempat menerapkan teknologi berkelanjutan untuk melakukan perayaan musim sambil menghemat biaya energi yang melonjak.

"Di satu sisi, kami terus bergerak dalam cuaca dingin ini. Di sisi lain, kami dapat merasakan betapa seseorang perlu mengayuh untuk menyalakan hiasan pohon Natal setinggi enam meter," kata walikota distrik ke-2 Budapest Gergely Orsi.

Pohon itu hanya menyala sepenuhnya jika seseorang terus mengayuh dengan sangat keras. Konsep ini mendorong orang yang melaluinya, seperti keluarga dengan anak-anak untuk berhenti dan mencobanya.

Sepeda itu juga mengisi daya baterai yang menyalakan sisa lampu di sekitar alun-alun Budapest. Untuk memenuhi kebutuhan itu, listrik yang ada dipasok juga dengan panel surya.

"Bagi kami, ini menunjukkan contoh bahwa keberlanjutan adalah masa depan," ujar Orsi.

Pemerintah kota juga memutuskan untuk membatalkan sebagian besar dekorasi lampu Natal tahun ini karena krisis energi. "Setiap tahun alun-alun ini didekorasi dengan indah. Kami akan sedih jika kami tidak memilikinya tahun ini, tapi saya pikir ini adalah kompromi yang sangat baik," kata seorang penduduk setempat bernama Nora setelah dia mengayuh sepeda bersama putranya yang masih kecil.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement